Mpek mpek Palembang

Posted by: anne  /  Category: Appetizers & Snacks, Seafood

Mpek mpek Palembang


Ineeee, resep mpek-mpek lu gue contek yaaaaaa. Secara terkenal gituhh;-)

Dah 2 kali bikin mpek-mpek ini. Yang pertama waktu blom punya food processor, ngulenin pake tangan. Hasilnya, susah dibentuk euy adonannya. Mungkin karena ga tercampur rata, jadi adonannya kurang mantaff gitu..malah encer.

Yang kedua, setelah punya food processor, trus airnya gue kurangin dikiiit, yah dikurangin 20 ml doang kale, lebih gampang dibentuknya. Syukur alhamdulillah bentuk jadi lebih ‘ketauan’ dibanding pengalaman pertama hehehehe.

Nah untuk kuahnya, secara harus browse lagi di postingan Ine sebelumnya (dan gue dah keburu masuk dapur, inet dah dimatiin..too much explanation..??hihihi), jadi gue pake resep yang ada di majalah Sedap.

Jadi ketagihan nih bikin mpekmpek..:-)
Makasi ya Ne..


Mpek mpek ala Ine Sena
Source : blognya Ine Sena

Bahan :
200 gr ikan tenggiri (dingin)
Tepung sagu + 1/2 sdm peres tepung teng mien = 150 gr
125 ml air dingin (air sebaiknya ditimbang menjadi 125 gr, karna gelas ukur suka beda2 takarannya)
2 siung bawang putih, haluskan
2 sdt garam
3 sdt gula

Cara membuat :

- Haluskan ikan tenggiri, bumbu-bumbu, dan 50 ml air menggunakan food proccessor hingga menggumpal.
- Masukkan sisa air, proses hingga tercampur rata.
- Masukkan campuran tepung, proses hingga tercampur rata.
- Siapkan wadah datar yg cukup luas, taburi dengan tepung tapioka.
- Sendokkan adonan di atasnya, baluri kedua tangan dengan tepung tapioka, supaya ketika membentuk adonan tidak menempel di tangan. Bentuk adonan bulat panjang untuk bentuk lenjer, sedangkan untuk mpekmpek kapal selam, tinggal potong dari bentuk lenjer tadi, pegang dengan tangan kiri, tegakkan, buat lubang dengan menggunakan jempol tangan kanan dibantu dengan jari-jari lainnya (duch, ribet…), lalu isikan sesendok teh kocokan telur (pokoke setengah tinggi lubang, biar waktu ditutup telurnya ga meluap keluar karena kepenuhan), tutup lubang dengan merapatkan sisi-sisi lubang tadi dalam bentuk satu garis (gimanalah bentuk mpekmpek kapal selam).
- Rebus dalam air mendidih yg banyak dan sudah ditambahkan sedikit minyak goreng agar ketika direbus tidak berbusa dan hasilnya mengkilat. Khusus untuk mpekmpek kapal selam, setelah dibentuk harus segera direbus. Kalo nggak, isinya bakalan merembes keluar deh…
- Jika mau dihidangkan, goreng dengan api sedang.


Kuah mpekmpek
Source : Majalah Sedap edisi ..aduhh ngumpet majalahnya, edisi berapa yaa..?

Bahan saus cuko :
500 gula merah,sisir halus
2250 ml air
190 gr asam jawa
1 ½ sendok teh garam

Bumbu halus :
6 buah cabe rawit hijau
1 ½ sendok makan tongcai
11 siung bawang putih, haluskan

Cara :
Rebus gula merah dan air sampai larut. Saring. Tambahkan bumbu halus, asam jawa, dan garam. Masak sampai matang.

19 Responses to “Mpek mpek Palembang”

  1. Lia Says:

    huaaaaaaa nangis deh udah lama pengen pempek eh liat disini, kemaren nyari ikan ga dapat disini ld susah summer, hiksss bagi dunk :D

  2. Isha Says:

    pempeknya menggoda bgts, jadi ngilerrr…

  3. rita bellnad Says:

    hhmmm yam….. bikin cuko, banyak jg bawang putihnya 11 biji, pasti enak neh

  4. Retno Prihadana Says:

    Wah ini mah makanan favoritku, bikinnya rada repot tapi abisnya sekejap..maklum dirumah semua penggemar empek-empek.

  5. Andrie Anne Says:

    Lia,kangen mpek2 yaa..? Susah dpt ikan? Waduuuuuuuhh..sementara disini buanyaaakk..:-)

  6. Andrie Anne Says:

    Mba Rita, iya..kl liat resep dr Fitta yang wong kito galo, gula jawanya sebaiknya pake yang dari Linggau..lbh pekat kali yaa..?

  7. Andrie Anne Says:

    Mba Retno, iya bener..bikinnya ribet, tp ngabisinnya sekejap yak!

  8. yulia Says:

    wah aku kalo bikin empek2 kuah cukonya rasanya kayak kolak pisang, wakakak… nyontek ya mbak Anne… :D

  9. arfi Says:

    Anne, aku dah bikin iniiiiiiiii nanti tak posting di FnG deh! trims yaaaaaa!!!

  10. Andrie Anne Says:

    - Yulia, hehehe bisa aja dirimu..silakan say:-)

    - Mba Arfi, seepppp..enaknya bisa nikmatin mpek-mpek di NZ ya Mba..:-)

  11. imam muji Says:

    kalo mba2 mau ato sapa aja, yg baca resep ini ato mau buku usaha ini, bahan dasar ikan tengiri bisa sya siapkan, untk pemesanan daerah jawa barat,dengan harga dbwh pasaran, email aja ke sini, saya tunggu lo.www.imammuji@yahoo.com

  12. anne Says:

    Mas Imam, makasi utk infonya yaa..

  13. miming isti Says:

    uwenak tenan

  14. anne Says:

    miming, benerr..

  15. titik Says:

    eemm .. mak nyoss ,,

  16. anne Says:

    mbak, klaw ga punya food procecor piye… :(

  17. phipit Says:

    q suka bgt ma mpe mpe..
    pngin degh k palembang langsung nikmati mpe mpe yg mak nyoooossss aka

  18. afrina Says:

    terimakasih resepnya, sangat bermanfaat

  19. Femmy Gunawan Says:

    Terima kasih banyak. Mau coba bikin, udah pengen makan.

Leave a Reply