Brownies Kukus Tepung Ketan

Posted by: anne  /  Category: Cakes & Frostings, Chocolate, Desserts

brownies-kukus-ketan-5883-sf

Hehehehhhe lagi-lagi brownies kukus…doyan sih…

Trus keabisan emulsifier tetep nekat..yang ada brokusnya kurang lembut n kurang ngembang..tapi tetep enak!
Permukaannya rada bergelombang, makanya gue iris n ‘buang’..niatnya mo dikasi hiasan coklat leleh yang dibalur merata di atas, trus dikasi coklat putih leleh yang dibentuk garis2 diagonal..tapi aduuhhh maless bangettt..biarin deh..hehehe

Hmm apalagi yaa..? Rasanya? Enak kok..mirip lah ama brokus Bunda Tyas andalan gue:-)
Resep gue dapet dari hasil Google-ing, nyari2 resep kue dengan bahan tepung ketan hehe karena mo ngabisin tepung ketan:-)
Makasi (Mas) Habib Kodhim Setiawan, S.Kom., S.T dan Mba Alfia Nuriska, S.Kom..udah share resep ini di blognya..makasi yaa..

Brownies Kukus Tepung Ketan
Source : http://www.rumahkeluarga.com/2008/09/13/brownies-kukus-tepung-ketan/

Bahan A :
5 kuning telur
3 putih telur
150 gr gula pasir
1 sdt emulsifier

Bahan B :
80 gr tepung ketan
30 gr coklat bubuk
1//2 sdt baking powder
(bahan B dicampur rata)

Bahan C :
90 gr margarin
75 gr dark cooking chocolate
(bahan C dilelehkan, bisa di tim atau langsung di atas api)

Taburan : Meses coklat

Cara membuat :
- Siapkan loyang, alasi kertas dan olesi margarin
- Panaskan dandang
- Kocok bahan A sampai mengembang dan kental
- Masukkan bahan B sambil diayak, aduk rata
- Masukkan bahan C, aduk rata
- Tuang sebagian (setengah) adonan ke loyang, kukus dalam dandang yang sudah menghasilkan uap panas dan tutup diberi serbet supaya air tidak menetes dengan api sedang selama 10 menit.
- Buka tutup dandang, taburi meses coklat (loyang tetep ditaruh di dandang), tuang sisa adonan di atas meses. Kukus selama 15-25 menit (sampai matang).

7 Responses to “Brownies Kukus Tepung Ketan”

  1. veny Says:

    wahh mau donk , look yummy koq ! kalo ga dikasih tau atas nya grebesan yah kita ga tau , look in great aja he222

  2. anne Says:

    Grebesan apa Ven,gelombang yah? Udah gue ‘buang’ yg bergelombang. Emang enak kok brokus ini:-)

  3. Tyas Says:

    Anne….enyak banget niy keliatannya…. yummy

  4. Anne Vijaya Says:

    Bunda Tyas, hehehe nyang punya resep andalan muncul:-) Emang enak Bun..:-)

  5. bunda yafi Says:

    wuhhh…gambarnya..benar-benar menggugah selera!!!trims bgt ya mba infonya..kebetulan si kecil seneng banget bronies..dia jg seneng ketan hitam..jd kenapa ga nyoba digabung??!!

  6. anne Says:

    Bunda Yafi, betul banget…digabung, makin sip:-) Makasi juga Bun..

  7. Meidina Says:

    loyangnya ukuran brp ya?

Leave a Reply