Seafood Tom Yum

 

medium-1456932160-u178

 

Wah demi ikutan Remake Challenge yang diadain oleh Indonesian Foodblogger group, gua yang terbiasa setor last minute, lagi2 mengulang kebiasaan itu hahaha

IMG_5169

Ga papa setoran seadanya, yang penting ikut meramaikan yaa

Inspirasi dari Seafood Tom Yum di Toh Plue Resto, Chatuchak, Bangkok yang kami sekeluarga datangi awal bulan ini.

tomyumDSC00826 copy

IMG_1056

tomyumDSC00836 copy

Resto ini berada dideket pintu keluar Chatuchak Weekend Market yang kesohor itu.

Anak-anak yang ikut menemani mama-nya hunting di Chatuchak sudah mulai rewel, tapi begitu diajak ke resto ini, kembali riang dan akhirnya betah juga menemani hingga malam menjelang hehehe..

tomyumDSC00846 copy

So, gue si pecinta masak gampang & praktis ini su pasti nyetok tom yum paste yang dibeli di Bangkok. Ini sebagian diantaranya.

tomyumDSC01407 copy

Gampang bangett deh. Tinggal rebus air dan cemplungin tom yum paste-nya berikut bumbu tambahan seperti bawang bombay, bawang putih, daun jeruk, sereh dll sesuai selera, kemudian masukin deh udang, kerang, cumi iris, tofu, jamur dll sesuai selera juga.

Bisa ditambahkan kecap ikan utk memperkaya rasa. Setelah semua bahan matang, angkat dan siap dihidangkan.

Oh ya, harusnya tambahkan daun seledri seperti foto contoh untuk menambah aroma. Namun karena buru2 gua lupa deh hihihi..

tomyumDSC01405 copy

 

Silakan menikmati Seafood Tom Yum bikinan sendiri yaa..

Taoco Udang

Taoco Udang

Taoco Udang

Duh banyak utang nih. Belum meneruskan award n tag dari Mba Eliza dan Elsye..belum selesai editannya. Sok sibuk.com. Maap ya Mba2..

Balik ke dapur. Buat berbuka, biasanya semangat deh nyobain resep-resep baru. Apalagi lagi kangen ama taoco Medan. Nyokap dulu sering deh bikin sayur pake taoco. Tumis kangkung, dan lain-lain.

Resep ini lumayan lah buat variasi:-) Selamat Berbuka Puasa yaa..

Taoco Udang
Source : Buku ‘Hidangan Lebaran’ dari Femina

Bahan :
4 sdm minyak untuk menumis
3 siung bawang putih, iris tipis
7 butir bawang merah, iris tipis
750 g udang ukuran sedang, kupas kulit, sisakan ekor
1 buah (100g) tomat, potong-potong memanjang
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
150 g cabe hijau, belah memanjang 4 bagian
125 g cabe merah besar, iris tipis menyerong
3 buah cabe merah keriting, haluskan
5 sdm taoco medan
300 ml air
1 sdm air asam Jawa
1 sdm kecap manis
¼ sdt garam
2 sdt gula

Cara membuat :
– Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Masukkan udang, tomat, serai, salam, dan lengkuas. Masak hingga harum dan udang setengah matang.
– Tambahkan cabe hijau, cabe merah, cabe halus, dan taoco. Masak sebentar, tuangi air.
– Tambahkan air asam Jawa, kecap, garam, dan gula. Masak hingga semua bahan matang. Angkat, hidangkan.

Wok-fried clams with chilli, Chinese sausage, and daikon sprouts

Wok-fried clams with chilli, Chinese sausage, and daikon sprouts

Bentar, break dulu dey dari foto2 Bali. Posting masakan dulu, yang dah lamaaa gue bikin tapi belum diposting.
Suka dengan masakan a la hotel bintang lima? Nih gue suguhin satu yaa..seafood dari Four Seasons Hotel, S’pore.
Lap cheong gue ganti dengan sosis sapi biasa. Kmudian daikon sprouts gue ganti dengan toge biasa yang mudah dicari di Endonesa. Apa itu daikon sprouts? Hayoo cubak mampir di Om Google..:-) Mirip kok ama toge..

Wok-fried clams with chilli, Chinese sausage, and daikon sprouts
Source : ‘Tropical Asian Cooking’ Book, Periplus

¼ cup (60 ml) vegetable oil
6-8 cloves garlic, very finely chopped
4 shallots, very finely chopped
1-2 large red chillies, very finely chopped
4 lb (2 kg) fresh clams, washed and drained
2 Chinese dried sausage (lap cheong)
1 can (400 g) tomatoes, blended to a puree
1 teaspoon coarsely ground black pepper
2 tablespoons chopped fresh cilantro (coriander) leaves
¼ cup daikon or other radish sprouts
2 limes, halved

Heat oil in a wok, then add garlic, shallots, and chilli. Stir-fry over moderate heat until softened, 2-3 minutes. Add the clams and sausages, increase heat, and stir-fry 1 minute.Add the tomato puree, pepper, and cilantro leaf and cook, stirring frequently, until the clams have all opened, removing each clam to a serving dish as it opened, add the sauce to the serving dish, and garnish with the daikon sprouts and a lime half.

Kepiting Saos Padang ala Sedap Wangi 89 Medan

Kepiting Saos Padang ala Sedap Wangi 89 Medan




Punten..punten..kepiting lagi, jangan bosen yah..ada request soale..hehe..

Ini dia favorit gue so far untuk kepiring saos padang. Jangan lihat penampakannya yang kurang ocre. Karena ada kesalahan teknis hehhe tapi soal rasa hmmm ga nyesel dehh..

Kesalahan teknisnya adalah hmmm jangan diketawain yah? Saking nafsu n buru-buru mode on, si telur kocok eh ikut dicampur ama bumbu-bumbu hehe jadilah bentuknya kurang afdol bgini..hehe..foto juga a la kadarnya, dah ga semangat deh motretnya hehe tadinya rencana malah bo bikin lagi, tapi ya sutra lah ..next time ajah..

Ntar kalo bikin lagi, jangan lupa yah telur kocoknya dipisah, dimasukin belakangan alias satu demi satu tuh bumbu dimasukin ke wajan. Bukan dicampur di dalam mangkuk bersama bumbu-bumbu lain hahahaha itu kesalahan chef amatir seperti gue hehehe maklum, dah nafsu berat, pengen cepet hehehe asyik ngeles aja..

Bumbu-bumbu gampang didapat semua. Trus bumbu penyedap gue skip, seperti biasa ga pernah pake bumbu penyedap seperti Ajinomoto, Sasa, dll dirumah. Rasanya tetep enak kok.
Resep ini bisa jadi resep andalan gue nih..asyikkk…

Kepiting Saos Padang ala Sedap Wangi 89 Medan
Tabloid Info Kuliner edisi 03, Oct 2007

Bahan :
2 ekor kepiting telur/jantan
4 sdm saus tiram
5 sdm saus tomat, siap pakai
3 sdm saos sambal, siap pakai
150 ml air (kaldu seafood)
1 sdt merica bubuk
½ sdt garam
½ sdt penyedap rasa
1 batang batang daun , iris serong tipis
½ buah bawang bombay, iris tipis
1 sdt gula pasir
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
1 ltr air untuk merebus
5 sdm minyak goreng
1 buah telur yang telah dikocok

Bumbu yang dihaluskan :
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
5 buah cabe rawit merah, tumis sampai layu
2 cm jahe
1 ruas kunyit, bakar
3 buah kemiri, sangrai
2 sdm cabe merah giling, siap pakai

Cara membuat :
1. Bersihkan kepiting. Siapkan panci lalu rebus kepiting hingga matang dan berubah warna menjadi oranye, angkat. Belah sesuai sisi.
2. Siapkan wajan. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus bersama bawang bombay, daun salam, dan daun jeruk hingga harum.
3. Masukkan kepiting dan sisa semua bahan termasuk kocokan telur, aduk rata. Masak hingga bumbu menyerap dan kuah mengental. Angkat

Kepiting Saus Padang a la Santiga Seafood

Kepiting Saus Padang ala Santiga Seafood

Sebenernya banyak sih draft postingan yang blom gue publish. Ada juga beberapa yang hanya ada photonya doang. Sumber resepnya ilang ntah dimana. Biasanya yang bgini, resep gue ambil dari bonus majalah, berupa sisipan gitu. Kecil kan, nah trus nyelip dimana gitu. Jadi deh tinggal photonya doang, sementara resep ga terdokumentasikan. Hiks.

Mo posting ini dulu. Masih dengan euphoria Tabloid Info Kuliner, gue praktekin lagi resep yg dimuat didalamnya. Warung tenda Santiga Seafood di Benhil ini salah satu yang suka gue kunjungin bareng hubby. Enyak sih. Girang berat deh nemu resep dari warung ini. Yippiieeee..!

Hmm resepnya ada yang salah ketik tuh. Ituh yang gue warnain merah. 8 batang batang bawang kecil. Gue artiin daun bawang ajah. Hehehe..

Trus minyak bawang putih? Minyak bawang putih itu adalah Blue Band yang dipanaskan, kemudian ditambahin cincangan bawang putih ke dalamnya.

Kmudian ang siu/angciu, karena tidak halal boleh dihilangkan.

Oh ya, beberapa hari kmudian, gue juga nyobain resep Kepiting Saus Padang a la Sedap Wangi 89 Seafood di Medan. Oh mak, mak nyus pisannn..Medan memang top deh soal makanan..nanti gue posting juga yaaa..

Oh seperti biasa, ga pake kepiting. Tapi pake rajungan. Lebih ‘lembut’ n lebih enak.


Kepiting Saus Padang ala Santiga Seafood
Source : Tabloid Info Kuliner edisi 03 (Oktober 2007)

Bahan :
1 kg kepiting telur/jantan
500 cc minyak bawang putih
2 sdm tepung maizena, cairkan dengan 10 cc air
3 sdm minyak wijen

Bumbu A :
2 sdm bawang putih, cincang kasar
2 buah lombok merah, iris tipis
1 ½ buah bawang bombay, potong dadu
1 ruas jahe, memarkan
8 batang batang bawang kecil
3 sdm saus tomat
¼ buah nenas, cincang halus
½ buah tomat, cincang halus

Bumbu B :
½ sdt merica bubuk
½ sdt penyedap rasa
½ sdt garam
3 sdm kecap asin
100 cc air (kaldu ikan)
2 sdm air tapai (ang siu)

Cara membuat :
1. Bersihkan kepiting lalu potong-potong sesuai sisi dan memarkan.
2. Siapkan wajan, panaskan minyak. Goreng kepiting selama kurang lebih 3 menit hingga kepiting berubah warna menjadi oranye. Angkat dan tiriskan.
3. Siapkan wajan, panaskan 3 sdm minyak. Tumis bumbu A hingga harum lalu masukkan kepiting, aduk rata.
4. Masukkan bumbu B, aduk rata dan masak hingga air menyusut dan kepiting matang, lalu tambahkan tepung maizena dan minyak wijen. Masak hingga kuah mengental. Angkat dan sajikan panas.

Udang Asam Manis

Udang Asam Manis

Sekalian seafood deh, setelah kepiting/rajungan langsung ke udang. Lagi males ngedit draft nih hehehe.

Gampang dibuatnya..enak jugaa..hmmm jadi laper..

Tadinya mo posting semifredo ato Truffle Cake..abis ini Insya Allah yaaa..

Udang Asam Manis
Source : Buku ‘ A la Kaki Lima’ dari Primarasa

Bahan :
1 kg (18-20 ekor) udang besar
½ sdt garam
200 g margarin
2 cm jahe, cincang
2 batang daun bawang, iris 2 cm
1-2 sdt tepung kanji, larutkan dalam 100 ml air

Saus : campur jadi satu
125 ml saus tomat botolan
1 sdm kecap asin
2 sdm kecap manis
1 sdm air jeruk lemon

1. Bersihkan udang, belah punggungnya, keluarkan urat hitamnya. Biarkan kulit kepala dan ekornya. Lumuri udang dengan garam, sisihkan sebentar.
2. Panaskan margarin dalam wajan, masukkan udang, goreng hingga udang berwarna merah, angkat, tiriskan.
3. Panaskan kembali 5 sdm margarin bekas menggoreng udang, tumis bawang putih dan jahe sampai harum. Masukkan campuran saus dan daun bawang, aduk.
4. Masukkan udang goreng, aduk. Tambahkan larutan tepung kanji, aduk hingga mengental, angkat. Pindahkan udang ke dalam wadah saji, hidangkan selagi panas.

Kepiting Goreng Mentega

Kepiting Goreng Mentega

Naaaa posting ini dulu deh..
Doyann deh ama kepiting ato rajungan. Disini gue pake rajungan. Trus trus kalo mau lebih enak lagi, jumlah sausnya dibanyakin yaa..bisa dua kali lipat deh..biar makin mak nyusss..


Kepiting Goreng Mentega
Source : Odilia Winneke

Bahan:
1-1,5 kg kepiting hidup yang bertelur
½ sdt garam
1 sdm air jeruk nipis
minyak sayur

Saus:
2 sdm mentega
50 g bawang Bombay, cincang
1 siung bawang putih, cincang
1 cm jahe, iris halus
100 ml air
1 sdm saus Inggris
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap manis
½ sdt merica bubuk
1 sdt garam
½ sdt cuka masak
½ sdt tepung kanji, larutkan dengan sedikit air

Cara membuat:
Matikan kepiting, potong-potong badan kepiting menjadi dua bagian. Buang kakinya, sikat hingga badan kepiting bersih. Tiriskan.
Perciki garam dan air jeruk nipis hingga rata.
Panaskan minyak banyak di atas api sedang. Goreng kepiting hingga matang dan kering. Angkat dan tiriskan.

Saus:
Panaskan mentega hingga leleh. Tumis bawang Bombay dan bawang putih hingga harum.
Masukkan bumbu lainnya kecuali larutan kanji. Didihkan.
Masukkan kepiting goreng, aduk rata.
Tuangi larutan kanji, aduk hingga kental. Angkat.
Sajikan panas.

Untuk 6 orang.

Muffin Udang

Muffin Udang

Bikinnya gampang, cantik juga penampilannya. Kalo di resep sih, alumunium foil-nya dibuka, tapi gue lebih seneng bgini, ga dibuka. Lucu aja menurut gue :-)

Oya, taburannya gue modif dikit, ga pake kucai melainkan keju mozzarella parut. Enyaaakk :-)
Trus dihias dengan paprika dan daun seledri ato peterseli :-)
Muffin Udang
Source : Majalah Santap No 12, November 2004

Untuk 6 porsi
200 g udang tanpa kulit
6 sdm kucai cincang
2 sdm krim kental (thick cream/whipping cream)
2 sdm saus spaghetti/saus pizza botolan siap pakai
1 sdt garam
1 sdt merica hitam bubuk
6 butir telur

– Panaskan oven pada suhu 160 ºC. Alasi loyang dengan alumunium foil. Olesi foil dengan mentega atau semprot dengan cooking spray. Di dalam wadah campur semua bahan kecuali telur. Bagi rata adonan ke dalam loyang muffin.
– Pecahkan telur ke tiap cetakan. Dengan garpu, sedikit aduk telur agar bercampur dengan sebagian udang. Tak mengapa jika kuning telur terpecah. Hiasi permukaan telur dengan daun kucai.
– Panggang udang-telur hingga matang (± 20 menit). Setelah matang, keluarkan dari oven, diamkan 5 menit. Keluarkan udang-telur dari loyang, kelupas dari foilnya. Sajikan hangat.

Kerang Rebus Sambal Kacang

Kerang Rebus Sambal Kacang

Lagi nyetok banyak kerang nih, kita ngolah kerang lagi yuukk..:-)

Dulu waktu masih hidup nge-kost, suka makan di warung seafood pinggir jalan. Nah kerang rebus ini menu andalan, sebagai starter. Wong harganya murah kok. Cuma 3 hingga 4 ribu seporsi, ketika itu.

Nah sekarang, mending bikin sendiri deh..:-)

Kerang Rebus Sambal Kacang
Source : Majalah Santap no. 12, Nov ‘04

Untuk 4 porsi

675 g kerang hijau dengan cangkang
1 batang serai, memarkan
2 cm jahe, memarkan

Sambal kacang
100 g kacang tanah kupas
1 buah cabai merah, potong 3
2 siung bawang merah, kupas utuh
1 siung bawang putih, kupas utuh
200 ml air
½ sdt garam
½ sdt gula

4 sdm daging nanas parut
4 sdm saus cabai botolan
4 sdm saus tomat botolan

– Rendam kerang di air bergaram selama 2 jam. Setelahnya, sikat cangkang di bawah aliran air hingga bersih. Buang ‘jenggot’ kerang dengan cara menariknya.
– Panaskan air sebanyak 2 liter bersama serai dan jahe. Masukkan kerang, rebus selama 15 menit. Tiriskan. Jika masih ada kerang yag menutup, buang. Lepaskan cangkang atasnya.
– Sambal kacang : goreng kacang tanah, cabai, bawang merah, dan bawang putih hingga kacang keemasan, tiriskan. Proses kacang dan bumbu dalam blender bersama air hingga halus, sisihkan. Panaskan wajan. Masak kacang yang telah dihaluskan dengan sisa bahan sambal kacang hingga mengental.
– Penyajian : untuk satu porsi, campur 1 sdm sambal kacang, 1 sdm saus tomat botolan, 1 sdm saus cabai botolan, dan 1 sdt nanas parut, aduk rata. Sajikan bersama kerang rebus.

Kerang Saus Padang

Kerang Saus Padang

Seafood ahh..kerang ijo bgini enyak enyak enyak..suegeerrr..
Gue bisa ngabisin 3 piring sendiri kaleee..hehehe..

Kerang Saus Padang
Source : Buku ‘a la Kaki Lima’ dari Primarasa

Bahan :
1000 g kerang hijau
Air untuk merebus kerang
2 sdm minyak goreng, unutk menumis
2 cm jahe, cincang
1 – 2 buah tomat, cincang
500 ml air
200 g nanas kupas, parut
1 sdm cuka 5 %
1 sdm tepung maizena, larutkan dalam sedikit air

Saus : Campur jadi satu
3 – 4 sdm saus tomat botolan
1 sdm saus cabai
1 sdm kecap manis
2 sdt gula pasir
½ sdt merica

Bumbu halus
13 buah cabai keriting
50 g bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt garam

1. Sikat kerang sampai bersih, buang ‘serabut’nya, kemudian rebus dalam air sampai kulitnya terbuka dan kerang matang, angkat dan tiriskan. Buka kulit kerang, biarkan daging kerang tetap melekat pada salah satu kulitnya, buang kulit pasangannya, sisihkan.
2. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis jahe dan bumbu halus sampai harum. Masukkan tomat cincang, aduk sampai layu, tuangi campuran saus.
3. Masukkan air dan kerang rebus. Bubuhkan garam bila perlu, masak sampai seluruh bahan cukup matang dan tidak berbau langu, tambahkan nanas parut dan cuka, aduk.
4. Masukkan larutan tepung maizena, aduk sampai kental, angkat.