Sate Ayam Rica dan Sambal Dabu-dabu a la Stephanus Hamy

Sate Ayam Rica dan Sambal Dabu-dabu a la Stephanus Hamy

Sate ayam ternyata banyak banget ya variasinya. Ini salah satunya. Lumayan lah untuk variasi…Cabe, jahe, daun jeruk dan daun kemangi membuat sate ayam ini wangi dan ‘segar’.

Gue sertakan juga resep sambal dabu-dabu. Untuk tumis daun pepaya, karena kurang doyan, jadi ga gue bikin, dan ga gue sertakan disini resepnya.Gampang kan nyari di Google? Pasti ada dehh..:-)


Sate Ayam Rica

Source : Stephanus Hamy (Majalah Santap edisi ekslusif 2006)

“Jika ingin aroma daging ayam lebih wangi dan gurih, sebaiknya rebus bersama daun jeruk dan serai”, saran Hamy.

Bahan :
2 potong ayam (400 g) dada ayam tanpa tulang
Tusukan sate

Bumbu rica
4 sdm minyak goreng untuk menumis
8 butir bawang merah, cincang halus
5 siung bawang putih, cincang halus
3 cm jahe, cincang halus
5 buah cabe merah, ulek kasar
3 tangkai serai, ambil bagian putihnya, memarkan
3 cm lengkuas, memarkan
6 lembar daun jeruk, iris halus
4 lembar daun pandan, iris halus
30 lembar daun kemangi, iris halus
1 sdt garam atau sesuai selera

Rebus daging ayam sampai matang. Angkat, potong ukuran 2x2x1 cm. Sisihkan.

Bumbu rica : panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, jahe dan cabe merah sampai wangi. Masukkan serai, lengkuas, daun jeruk, daun kemangi, dan garam. Aduk rata, angkat.

Campur daging ayam bersama bumbu rica. Simpan dalam lemari es sedikitnya 2 jam atau semalaman agar bumbu makin meresap.
Tusuk daging ayam berbumbu dengan tusukan sate. Bakar diatas bara api sambil sesekali olesi bumbu rica yang sudah ditambahi minyak goreng.
Angkat dan sajikan bersama tumis daun pepaya dan sambal dabu-dabu.


Sambal Dabu-dabu
Source : Stephanus Hamy (Majalah Santap Edisi Ekslusif 2006)

4 buah cabe rawit merah, potong kasar
4 buah cabe rawit hijau, potong kasar
2 buah tomat merah, potong dadu kecil
5 butir bawang merah, iris kasar
2 sdm air jeruk nipis
¼ sdt garam1 sdm bakasang*, jika suka

Campur cabe rawit merah, cabe rawit hijau, tomat, bawang merah, air jeruk nipis, dan garam.Aduk rata, sajikan.

*Bakasang adalah bumbu khas dapur Menado yang berfungsi sebagai penambah rasa dan aroma pada masakan. Berbentuk cairan, terbuat dari isi perut ikan yang difermentasi.

Ayam Mete

Ayam Mete


Dalam rangka ngabisin kacang mete yang dah disimpen lama, bikin ini deh. Aih gampang, bumbu ga banyak, tapi rasanya lumayannn..buat variasi. Enak kok. Love it!

Oya, ga punya cabai kering untuk taburan, gue pake cabe rawit ajah hehehe

Ayam Mete
Source : Majalah Santap, Mei 2005

2 sdm minyak goreng
2 siung bawang putih, cincang
300 g dada ayam tanpa tulang, potong tipis
1 ½ sdm kecap ikan
1 sdm kecap manis
¼ sdt garam
70 g kacang mete, panggang selama 10 menit
1 buah (50 g) bawang bombai, iris tipis
3 batang daun bawang, potong ukuran 5 cm

Taburan :
1 buah cabai merah, buang biji, potong serong tipis
8 buah cabai kering, iris 1 cm

Panaskan minyak dengan api sedang. Tumis bawang putih hingga harum dan warnanya berubah kekuningan (jangan sampai gosong agar tidak pahit). Masukkan ayam, masak selama 3 menit sambil aduk-aduk.
Beri kecap ikan, kecap manis, dan garam. Masak selama 3 menit. Tambahkan kacang mete, bawang bombai, dan daun bawang. Aduk rata. Masak sebentar selama 1 menit hingga matang, angkat. Taburi dengan potongan cabai merah dan cabai kering.

Energi : 271,8 kal
Protein : 19,2 g
Lemak : 20,5 g
Kolesterol : 42,8 mg

Honey Chilli Chicken

Honey Chilli Chicken

Ayam lagee..ayam lagee. Herannya kok ga bosen-bosen yaa..
Nemu buku bagus ini di Gudang Buku – Pasar Festival. Toko buku yang cukup sering gue samperin. Harga buku disini miring abisss. Sebagian besar memang used books, tapi banyak juga yang baru, diambil dari toko buku terkemuka di Jakarta, seperti QB, Aksara, dll.

Seperti buku ini, diambil dari QB. Masih baru, tapi gue beli dengan harga miring doong.. Ahhh serasa di surga deh bisa beli buku bagus dengan harga miring:-) Hehehehe hiperbola abissss..


Honey Chilli Chicken
Source : ‘The Great Chicken Cookbook’, The Australian Women’s Weekly Cookbooks

1 tablespoon peanut oil
1kg chicken tenderloins, sliced thinly
1 tablespoon grated fresh ginger
3 red Thai chillies, seeded, chopped finely
1 large red capsicum (350g), sliced thickly
1 teaspoon cornflour
1 tablespoon soy sauce
1/3 cup lemon juice (80ml)
¼ cup honey (60ml)
4 green onions,chopped finely

Heat half of the oil in wok or large frying pan; stir-fry chicken, ginger and chilli, in batches, until chicken is browned.
Heat remaining oil in wok; stir-fry capsicum until just tender.
Blend cornflour in small jug with sauce, stir in juice and honey. Return chicken mixture to wok with honey mixture; cook, stirring, until mixture boils and thickens. Sprinkle with onion just before serving.

Serves 4

Serving suggestions
Serve with noodles or steamed rice.

Angsioe Kaki Ayam

Angsioe Kaki Ayam

Salah satu kegemaranku. Padahal baru aja kenal dengan makanan ini. Yah skitar 2 tahun yang lalu deh. Kalo beli ini di resto ato cafe, hmm harganya lumayan mahal. Sementara kalo bikin sendiri, dengan biaya yang sama dah bisa bikin 4 kali lipatnya (bahkan lebih) hehehe.

Tip-nya (dari Ibu Meli NCC-er) : setelah digoreng rendam kaki ayam dalam air es, diamkan selama lk. 1 jam maka akan didapat kaki ayam yg gemuk dan berdaging.

Duhh kalo bikin ini, kabar-kabari yaaa..biar gue samperin hehehe 😉

Angsioe Kaki Ayam
Source : Kursus Dim sum di NCC

Bahan :
1 Kg kaki ayam, goreng hingga kering, sisihkan.

Bumbu A :
5 btr bawang putih, memarkan
4 bh bunga pekak/bunga lawang
1 sdm saos tiram
2 sdm kecap asin
2 sdm kecap mushroom
2 sdm ang cioe (bisa diganti dengan cuka apel)
3 sdm gula pasir
1 sdm garam
½ sdt vetsin
½ sdt lada
1,5 lt air
angkak merah secukupnya.

Bumbu B :
1 sdm bawang putih cincang
2 bh cabe merah besar , iris kasar
3 sdm tausi (salted black bean)
2 sdm minyak wijen
2 sdm tepung sagu, cairkan untuk pengental.

Cara membuat:
A.
– panaskan sedikit minyak, lalu tumis bawang putih sampai harum.
– Tuang ang cioe, lalu beri air secukupnya dan masukkan semua sisa bumbu A, aduk rata dan biarkan mendidih.
– Masukkan kaki ayam goreng dan masak hingga empuk dan airnya menyusut. (boleh menggunakan presto untuk menghemat waktu).

B.
– tumis bawang putih cincang sampai harum, lalu masukkan tausi dan cabe merah, aduk rata.
– tuang kaki ayam yg sudah empuk tadi, lalu tuang air sagu, aduk rata.
– beri minyak wijen, aduk, angkat.

Ayam Wokublanga

Ayam Wokublanga

Rindu dengan Bunda Inong, kali ini praktekin resep dari Bunda Inong yuk. Dulu sering banget bikin ini. Bedanya sekarang cabenya dikurangin.

Enak, empuk, dan mantafff..:-)
Makasi Bunda dan Cookie Monstel :-)

AYAM WOKUBLANGA
Source : Bunda Inong (Dapur Bunda Zidan & Syifa)
dimodifikasi dari resep asli di BlogFam kiriman Cookie Monstel

Bahan:

1 ekor ayam negeri, potong-potong jadi 12 buah
Air jeruk nipis dari 1 buah jeruk nipis
1 buah tomat, diiris
2 btg sereh, digeprek
2 btg daun bawang, diiris 1 cm
3 lbr daun jeruk
2 ikat daun kemangi
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Merica secukupnya
Air secukupnya

Bumbu halus:
5 siung bawang merah
100 gr cabe merah keriting
50 gr cabe rawit merah
1 ruas kunyit
1 ruas jahe
5 btr kemiri

Cara membuat:

– Ayam dilumuri garam dan air jeruk nipis, sisihkan.
– Siapkan bahan lainnya dan bumbu halus.
– Tumis bumbu halus dan sereh sampai harum dan matang.
– Masukkan ayam, tambahkan air, aduk rata.
– Masukkan irisan tomat, sereh, dan daun jeruk. Aduk rata lalu tutup wajannya, masak dengan api sedang, sampai ayam matang dan kuahnya tinggal sedikit.
– Bubuhkan garam, gula dan merica, lalu masukkan irisan daun bawang dan kemangi.
– Aduk sebentar, angkat. Hidangkan panas-panas.

Ayam Panggang Rembang

Ayam Panggang Rembang

Lagi, ayam bakar lagi..ayam bakar lagi. Gimana yaa..secara doyan gitu. Dan selalu penasaran ama resep ayam bakar yang kliatan enak dan blom pernah gue cobain.

Yang ini, yang bikin penasaran adalah bumbunya yang sedikiittt. Bumbunya hanya 5 macam, udah termasuk garam. Proses memasaknya juga gampaanggg. Disini gue ga pake ayam kampung, soale ga ada dikulkas :-(

Ketika ngebakar ayam ini, asapnya buanyaakk. Jadi gue ngebakarnya kurang lama. Harusnya sih hingga ayamnya kecoklatan gitu.

Rasanya enak juga loh. Not bad at all..

Ayam Panggang Rembang
Source : Buku ‘Barbecue Plus’ dari Primarasa

Bahan :
1 ekor (600 g) ayam kampung muda
500 ml santan encer
200 ml santan kental
1 sdt asam jawa, larutkan dengan 3 sdm air matang
1 sdm gula merah

Bumbu halus:
350 g cabai merah, rebus
½ sdm garam

Cara membuat :

Bersihkan ayam, potong menjadi 8 bagian, sisihkan.
Masak santan bersama bumbu halus sambil diaduk-aduk hingga mendidih.
Tambahkan air asam jawa dan gula merah, aduk rata. Masukkan potongan ayam, teruskan memasak sambil ditimba-timba sampai mendidih.
Kecilkan api, tutup wajan, masak hingga daging ayam empuk dan santan mulai berminyak, angkat.
Taruh ayam di dalam panggangan jepit yang sudah diolesi minyak, panggang di atas bara api hingga agak kering dan kecoklatan, angkat, sajikan.

Bitter-ballen

Bitter-ballen

Banyak resep bertebaran untuk bitterballen ini. Termasuk yang dengan modifikasi keju leleh didalamnya. Yummy banget ya keliatannya. Nah hari ini gue praktekin deh.

Ternyata bikinnya ga susah-susah amat kok (gaya ya gue..?). Agak ribet di ngebuletin-nya aja. Lainnya ngga. Kalo seneng yang krenyes-krenyes, bulatannya dibuat kecil aja, jadi kulit krenyesnya lebih berasa..:-)
Apalagi gue pake breadcrumb, bukan tepung panir biasa. Lebih krenyes rasanya.

Resep ini gue modif sedikit dengan menambahkan keju mozzarella parut didalam bitterballen. Yummy..!

Bitter-ballen
Source : Buku ‘Snack Gurih Goreng’ -nya Rinto Habsari

‘Merupakan makanan khas Belanda. Dibuat dari adonan ragout yang agak kental lalu dibentuk bola-bola mirip kelereng. Pilih tepung panir bertekstur halus atau agak kasar untuk mendapat hasil goreng yang bagus.’

2 sdm mentega/margarin
1 batang daun bawang, iris halus
150 g tepung terigu
400 ml susu
½ sdt garam
1 sdt merica bubuk
½ sdt pala bubuk
250 g fillet dada ayam rebus, cincang agak halus
50 g keju Cheddar, parut

Adonan salut :
200 g tepung panir baru yang berbutir halus
2 butir telur, kocok rata
Minyak untuk mengoreng

Lelehkan mentega/margarine, tumis daun bawang hingga harum dan layu. Masukkan tepung terigu, aduk cepat dan rata hingga berbutir, tuangi susu, garam, merica, dan pala, aduk rata. Masukkan ayam dan keju Cheddar, aduk rata. Angkat, sambil aduk-aduk hingga adonan dingin.

Bentuk adonan menjadi bola-bola sebesar kelereng, celupkan ke dalam tepung panir – telur kocok – tepung panir. Timang-timang bitterballen untuk membuang sisa tepung panir. Diamkan selama 20 menit agar adonan salut menempel sempurna.

Goreng dalam minyak banyak dan panas di atas api besar hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan, sajikan.

Untuk 30 buah.

Ayam Panggang Garang Asem

Ayam Panggang Garang Asem

Ntar..ntar, laporan kursus fotografi-nya masih blom selesai. Untuk sementara posting yang ini dulu yaaa. Membuatnya guampanggg banget. Siapa aja pasti bisa. Lumayan lah buat variasi :-)

Ayam Panggang Garang Asem (Madura)
Source : Majalah Sedap edisi 1/VIII/2007

Bahan :
1 ekor ayam, potong 6 bagian
400 ml air

Bumbu halus :
6 buah cabai merah
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 butir kemiri
1 sendok makan air asam jawa (dari 1 sendok teh asam jawa dan 1 sendok makan air)
½ sendok teh gula merah
2 cm kunyit
2 ½ sendok teh garam

Cara membuat :
Rebus ayam dan bumbu halus sampai matang dan meresap.
Bakar ayam sampai kecoklatan sambil dioles sisa bumbu.

Tips.
Gunakan api kecil saat merebus ayam supaya bumbu meresap ke dalam ayam.

Pangsit Goreng

Pangsit Goreng

Resep paling simpel yang pernah gue liat untuk pangsit goreng. Rasanya pun enaakkk. Wahh lumayan banget deh..:-)

Makasi Mba Ine..:-)

Pangsit Goreng
Source : Mba Ine Elkaje

Bahan :
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
30 lembar kulit pangsit
150 gram daging ayam, cincang (bisa di kombinasi ayam dan udang, 1:1)
2 siung bawang putih, iris tipis, goreng kering, tiriskan, uleg halus
Cara :
1. Campur daging ayam, bawang putih, garam, dan merica bubuk hingga rata, lalu bagi menjadi 30 bulatan kecil.
2. Letakkan tiap bulatan di tengah selembar kulit pangsit, lipat membentuk segitiga dan menyerupai perahu, lalu rekatkan kedua ujungnya dengan setetes air.
3. Goreng pangsit dalam minyak banyak dan api sedang hingga matang kecoklatan, angkat, tiriskan.

Ayam Bakar Kecap

Ayam Bakar Kecap

Di majalah Sedap edisi 1/VIII/2007, memuat beberapa resep ayam bakar. Ada ala Jepara, ala Sumatra Utara, ala Padang, Madura, dll. Wah pengen bikin deh. Jatuhlah pilihan pada ayam bakar kecap ini. Secara dah pernah bikin yang pedas manis, dan hasilnya bener-bener tidak mengecewakan.

Hasilnya..hmm enak juga..tapi blom bisa ngalahin ayam bakar pedas manis ituuu…:-)

Ayam Panggang Kecap (Jawa)
Source : Majalah Sedap edisi 1/VIII/2007

Bahan :
1 ekor (900 gr) ayam, potong 4 bagian
1 sdt asam jawa dan 1 sd air
4 sdm kecap manis
2 sdt garam
½ sdt gula pasir
400 ml air
½ sdt air jeruk nipis
2 sdm minyak utk menumis

Bumbu halus :
3 buah cabe merah
10 butir bawang merah
3 siung bawang putih
¼ sdt merica
4 butir kemiri, goreng

Cara membuat :
Lumuri ayam dengan air asam dan ½ sdt garam. Diamkan 20 menit.
Tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan ayam. Aduk sampai berubah warna.
Masukkan air, kecap manis, garam, dan gula pasir. Masak sampai mendidih.
Tambahkan jeruk nipis. Masak sampai bumbu meresap.
Panggang ayam sambil dilesi dengan sisa bumbu.