Ayam Bakar Pedas Manis


Ini dia ayam bakar favoritku. Di buku sih ga disebutin kalo ini ayam bakar Ganthari. Tapi rasanya samaaa deh. Soale judul bukunya ‘Jajanan Jakarta’. Nah, ayam bakar di Jakarta yang terkenal kan Ganthari..apalagi ya yang laen? *mikir dulu..apa ya..?* Yang jelas rasanya itu lho..sama..
Alhamdulillah, setelah sekian lama mencari-cari resep ayam ini, akhirnya dapet juga. Akhirnya gue ada ‘andalan’ juga kalo diajakin barbeque. Hehe..siapa takuutt??

Trus hehe saking semangatnya memotret ayam bakar hasil karya sendiri ini, lupa deh ama sambal tomatnya. Soalnya yang bikin si Mba hehe..jadi sambalnya ga ikut ke potret.

Buat teman-teman yang mungkin blom pernah nyobain ayam bakar Ganthari, ini resep yang patut dicoba. Mungkin bisa dijadikan resep andalan untuk berdagang. Rasanya..aduuhh, enaakkk deh. Cobain yahh..

Makin banyak olesannya, makin sedap. Kulit ayamnya jangan dibuang ya. Apalagi dibakar beneran dengan arang. Wanginya..hmmm. Kalo gue cuma pake bakaran yang diatas kompor itu lho hehe itu aja udah enaakk :-)

Hari itu suamiku ampe makan siang 3 kali lho..yg pertama, di tempat meeting (jam 11 siang). Yang kedua, nyampe rumah (jam 12.15), liat ada ayam bakar, makan lagi. Yang ke tiga, (jam 3 sore) mampir ke rumah bentar, eh makan lagi..whoaaaa…

Ayam Bakar Pedas Manis
Source : Buku ‘Jajanan Jakarta’ dari Primarasa

Bahan :
1 ekor (800 gr) ayam
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt merica bubuk
1 -2 sdt garam
2 lembar daun salam
2 batang serai, memarkan
± 500 ml air kelapa

Olesan :
50 gr cabai merah, potong-potong
3 siung bawang putih
½ sdt garam
2 sdm minyak goreng
2 sdm gula merah sisir
1 sdm kecap manis
200 ml air

Sambal tomat :
2 sdm minyak goreng
8 buah cabai merah, potong-potong
5 buah cabe rawit
3 butir bawang merah
1 buah tomat
2 sdt terasi bakar
1 sdt garam
2 sdt gula merah sisir

Cara membuat :

Potong-potong ayam menjadi 4 bagian. Haluskan bawang merah, bawang putih, merica, garam. Lumuri ayam dengan bumbu halus, sisihkan sedikitnya 30 menit agar bumbu meresap.
Taruh ayam dan bumbu perendam dalam wajan, tambahkan daun salam, dan serai. Tuangi air kelapa, masak hingga mendidih, kecilkan apinya. Tutup wajan, masak hingga air habis dan ayam matang. Jaga jangan sampai ayam hancur, angkat.
Olesan : Haluskan cabai merah, bawang putih, dan garam. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Masukkan gula merah, kecap manis, dan air. Masak hingga bumbu benar-benar matang, angkat.
Panaskan pemanggang di atas api, taruh ayam di atasnya. Panggang ayam sambil dibalik-balik dan diolesi bumbu olesan hingga harum dan berwarna kecoklatan, angkat.
Sambal tomat : panaskan minyak goreng dalam wajan. Masukkan cabai merah, cabe rawit, bawang merah, tomat, dan terasi. Tumis hingga matang dan tomat lunak, angkat. Taruh diatas cobek, tambahkan garam dan gula merah, haluskan.
Taruh ayam bakar di atas piring saji, hidangkan selagi hangat dengan pelengkap sambal tomat.

Ayam Lemak Putih

Biasa deh, suka kemakan iklan. Bayangin, di majalah Sedap yang memuat resep ini, kata pengantarnya bgini, “ Tak ada yang bisa menandingi ayam bakar yang empuk dengan bumbu yang meresap sampai di dalam ayam seperti ayam lemak putih ini. Karena itu, sungguh sayang kalau Anda tak mencobanya”.

Nah..masak ga tergoda sih? Bahan-bahannya juga yang ga aneh-aneh kok. Awalnya sempet tertipu sih dengan kata lemak putih. Gue pikir apa di kasi shortening (mentega putih). Ternyata ngga. Keliatannya lemak putih yang dimaksud itu berasal dari santan. Correct me if I’m wrong ..:-)

Trus..oh, ternyata..memang sayang kalo dilewatkan. Syukur banget deh gue tergoda oleh kalimat pengantarnya. Kalo ngga kan ga bakal tau kalo resep yang satu ini emang..TOP ABISSS…!! Hehe..patut dicoba..bangeettt..

Ayam Lemak Putih
Source : Majalah Sedap edisi 7/VII/2006

Bahan :
I ekor ayam ukuran sedang utuh, belah dada dan lebarkan
1 batang serai, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
2 sdt garam
1 sdm kecap ikan
500 ml santan dari 1 butir kelapa
5 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus :
1 buah bawang Bombay
3 siung bawang putih
1 sdt adas manis
1 sdt jinten
1 sdm ketumbar
3 sdm santan

Cara membuat :
Tumis bumbu halus, serai, dan lengkuas sampai harum. Masukkan ayam. Aduk sampai berubah warna.
Masukkan garam dan kecap ikan. Aduk rata. Tuang santan. Masak sampai meresap diatas api kecil sambil sesekali diaduk.
Panggang ayam sampai kecoklatan.

Untuk 8 porsi.

Note : Ayam boleh juga disajikan dalam bentuk potongan.

Oya, di majalah sih warna ayamnya lebih coklat dari photo gue ini. Gue manggangnya ga lama, karena hubby dah keburu laper hehe. Dipanggang sebentar aja udah enak kok, apalagi lama, hmmm..

Ayam Gagape

Temans, akyu posting yang ini dulu ya. Sembari menanti resep meringue selesai gue ketik :-)

Sebagai penggemar ayam, pengen juga nyobain ayam versi daerah Makassar ini. Unik, soalnya pake kelapa parut sangrai. Beli jadi aja, ga usah repot-repot memarut dan menyangrainya. Udah banyak kok tersedia di supermarket:-)

Waktu memasak ini, gue lagi puasa. Jadi yang kebagian tugas nyicipin, si Mba yang lagi ga puasa. Gue dah penasaran banget, gimana ya rasanya..
Ternyata..hmmm lumayan, gurih dan ‘beda’ deh ..boleh dicoba sebagai tambahan variasi menu.

Ayam Gagape (Khas Makassar)
Source : Buku ’52 Resep Sedap Hidangan Lebaran’ dari Femina

Bahan :
1 ekor (1 kg) ayam buras, cuci bersih, potong-potong menjadi 12 bagian
1 bh jeruk nipis, ambil airnya
200 ml air
1 btg serai, ambil bagian putihnya, memarkan
3 cm lengkuas, memarkan
2 lbr daun salam
3 cm kunyit bakar, haluskan
2 sdm minyak, utk menumis
6 butir bawang merah, haluskan
4 siung bawang putih, haluskan
750 ml santan kental dari 1 butir kelapa parut
1 ½ sdt garam
1 sdt gula pasir
½ butir kelapa parut, sangrai hingga kering

Cara membuat :
– Lumuri ayam dengan air jeruk nipis hingga rata,diamkan selama 30 menit. Cuci bersih.
– Masak ayam bersama air, serai, lengkuas, daun salam, dan kunyit hingga setengah matang danmengering, angkat. Sisihkan.
– Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan ayam dan santan, aduk rata perlahan agar santan tidak pecah.
– Tambahkan garam, gula, dan kelapa sangrai, aduk rata hingga semua bahan matang.
– Angkat. Sajikan.

Note : Tambahkan jumlah kelapa sangrai jika ingin mendapatkan kuah ayam yang lebih kental dengan citarasa yang lebih gurih.

Ayam Cabai Hijau

Dulu sering bikin ini, tapi blum pernah diphoto. Nah mumpung inget camera, kita muat ya hehe. Salah satu lauk kegemaran kami sekeluarga. Apalagi di bulan puasa begini, untuk sahur cocok deh..bikin merem melek :-)



Ayam Cabai Hijau
Source : www.detikfood.com

Bahan:
4 sdm minyak sayur
1 lembar daun kunyit, potong-potong
2 lembar daun jeruk
1 ekor ayam, potong 4 atau 12
500 ml santan kental
2 sdm air asam Jawa

Haluskan:
250 g cabai hijau
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
4 butir kemiri
1 sdt merica butiran
4 cm kunyit
2 cm jahe
2 cm lengkuas
2 sdt garam

Cara membuat:
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang.
Tambahkan daun kunyit, serai dan daun jeruk. Aduk hingga layu.
Masukkan potongan ayam, aduk-aduk hingga kaku.Tuangi santan, didihkan hingga kuah tinggal sebagian.Beri air asam Jawa, aduk dan masak hingga kuah kering.
Angkat. Sajikan hangat.

Untuk 6 orang

Ayam Jeruk Purut

Tadinya pengen bikin ayam wokublanga, tapi bosen juga ya. Bgitu ngeliat resep yang ini, wah mirip wokublanga, tapi ditambahin santan dan daun jeruk purut yang banyak. Unik deh. Bumbunya juga ga banyak. Cobain ahhh..Begitu jadi eh beneerr..wangi daun jeruknya enaaakk deh.

Ayam Jeruk Purut
Source : Buku ‘Masak Apa?’ (seri 1) dari Yasaboga

Bahan :
1 ekor ayam, potong 8
2 cm lengkuas, memarkan
5 lbr daun jeruk purut
2 ptg asam gelugur (kalo ada)/asam jawa
500 ml santan dari 1 butir kelapa
Garam sesuai selera

Bumbu dihaluskan :
8 bh bawang merah
4 siung bawang putih
15 bh cabe merah
½ sdm kunyit cincang

Cara :
Tumis bumbu halus dengan 5 sdm minyak goreng hingga matang, masukkan ayam, daun jeruk, lengkuas, garam, dan asam, aduk hingga ayam kaku. Tuangi santan, masak dengan api kecil sampai ayam lunak dan kuah mengental dan berminyak. Jika ayam belum lunak, tambahkan sedikit demi sedikit air panas/hangat.

Tips: Aroma daun jeruk purut akan lebih kuat jika sebelumnya dirobek-robek dahulu.

Sate Ayam ala Anne

Ini sate hasil eksperimen. Coba2 sendiri aja, eh enak kok. Ada bumbu sate beli jadi di dapur, ya udah dikasi air lemon sedikit, campur margarine, kecap manis, trus dilumurin ke sate ayam mentah.Tunggu bentar, trus dibakar deh.
Bumbu saus-nya ya tentu aja bumbu sate beli jadi itu dicampur air panas. Atau kecap manis dikasi irisan tomat dan cabe rawit ijo. Tinggal pilih. Hmm enaakkk n empuukkk..