Es Buah Seger a la Anne

Es Buah Seger a la Anne


Jangan diliat sebelum waktu berbuka puasa hehe abis seger bangett, bikin haus ajah..:-)

Gimana ga seger, isinya buah semua, trus disiram pure orange juice. Buahnya mangga arum manis, nenas dan pepaya yang manis dan dah matang. Dipotong kecil-kecil, makin kecil makin enak deh. Ga seret gitu di tenggorokan.


Udah gitu, dituangin pure orange juice. Enaknya pake Go-go, karena ada butiran buah jeruk aslinya itu loh. Pisahin dulu butiran buah jeruk dari airnya, baru deh airnya dituangin ke potongan buah mangga dkk. Tambahkan gula pasir secukupnya. Masukkan kayu manis untuk memberi aroma rempah (ga pake juga ga papa, tergantung selera ajah). Rebus deh, cukup sebentar aja, sekedar ‘melemaskan’ nenas dkk.

Diamkan hingga dingin, masukkan kembali butiran buah jeruk dari Go-go tadi. Beri es batu secukupnya. Siap dihidangkan.

Hmmm segeerrr bangettt.. Selamat berbuka puasa..:-)

Es Kelapa Muda Blewah

Es Kelapa Muda Blewah


Es Kelapa Muda Blewah suka-suka a la gue. Pertama kali bikin untuk acara buka puasa bersama anak yatim (acara ultah Fildza, putrinya Mba Dona) di Jl. Daksa, Kebayoran Baru minggu lalu.

Simpel dan seger. Blewah dikerok, dicampur dengan kelapa muda berikut airnya, kemudian ditambahi cincau yang dah dipotong dadu. Beri simple syrup secukupnya. Dinginkan ato beri es batu.

Kalo bisa sih airnya air kelapa muda semua. Trus kenapa pake simple syrup, bukan sirop? Supaya air kelapa mudanya berasa banget aja.

Cucok untuk berbuka puasa. Suegeerrrr…!

Salad Buah ala Anne

Ini salad buah yang bikinnya guampangggg bangeeettt. Salah satu andalanku kalo hubby lagi pengen yang seger-seger.

Pilih buah yang manis dan benar-benar matang. Untuk puding, daripada repot bikin berwarna-warni, biasanya gue beli jadi aja yang didalam cup kecil itu loh. Gue cari yang ada nata de coco didalamnya.

Trus jumlah susu kentalnya, itu gue kira2 aja. Karena kalo bikin, biasanya ga pake resep. Cemplang cemplung aja. Jadi daripada ntar kemanisan, coba dulu sedikit ya. Kalo kurang ya ditambahin deh :-)

Salad Buah ala Anne

Bahan :
1 buah apel, potong dadu
1 buah pear, potong dadu
1 buah mangga (arum manis), ambil daging, potong dadu
2 juring melon, potong dadu
15 buah anggur, belah dua, buang bijinya
1 bungkus kecil nata de coco, airnya jangan dibuang ya
1 cup kecil puding susu warna pink, potong dadu
1 cup kecil puding susu warna kuning, potong dadu
1 cup kecil puding susu warna putih, potong dadu
¼ kaleng susu kental manis
Es krim vanilla, secukupnya.

Bila perlu : Sprite, secukupnya.

Cara membuat :
Campur semua potongan buah, puding, nata de coco (berikut airnya). Aduk rata. Tambahkan susu kental manis. Bila airnya dirasa kurang, tambahkan dengan Sprite.
Simpan didalam kulkas minimal 5 jam (gue biasanya semalaman).
Sajikan dengan topping es krim.

Puding Tahu Saus Koktail

Bulan puasa bgini paling seneng ama yang dingin-dingin. Sueger buat buka puasa. Ini salah satunya. Bikinnya gampang. Dan bergizi tinggi karena ada tahu, susu, telur, dan buah. Cantik lagi..


Puding Tahu Saus Koktail
Source : Buku ‘Puding & Minuman Segar’ dari Primamedia Pustaka, Gramedia

Bahan :
1 bungkus tahu sutera, haluskan
1 bungkus agar-agar warna putih
500 ml susu cair
125 gr gula pasir
½ sdt vanili
¼ sdt garam
2 kuning telur, kocok lepas
1 kaleng koktail

Cara membuat :
1. Masak tahu halus, agar-agar, susu cair, gula pasir, vanili, dan garam hingga mendidih. Ambil satu sendok sayur adonan, campur dengan kuning telur, masukkan kembali ke dalam adonan agar,aduk hingga rata.
2. Tuang ke dalam cetakan yang telah dibasahi, dinginkan.
3. Potong-potong puding dan hidangkan dingin dengan koktail.

Fruity Ice Cubes



Ini ide yang simpel tapi cihuy banget. Didapat dari majalah Femina edisi duluuu banget, ampe lupa deh. Simpel aja sih, buah yang udah dipotong kecil-kecil dimasukin ke dalam cetakan es, satu potongan buah untuk satu cetakan kecil. Pilih buah yang warnanya kontras, dengan warna yang beragam. Kali ini gue pake buah strawberry, kiwi, dan peach. Oya, cetakannya juga gue pake yang bentuk ikan-ikan kecil..maksudnya ntar seakan-akan ikannya berenang di dalam air hehe..

Esnya boleh divariasi, mo pake air mineral biasa boleh, ginger ale kalengan boleh, atau soft drink lain juga boleh. Sesuai selera aja.

Setelah esnya mengeras, masukin deh ke dalam gelas yang dah berisi hmm yoghurt boleh, juice boleh, sirup boleh, apa aja juga sesuai selera. Disini gue pake orange juice.

Udah deh, siap dinikmati. Hmm sluurrppp, segaaarr.. !!

Strawberry Cooler

Lagi panas dan kehausan, trus minum ini, hmm segerrr banget. Namanya juga cooler. Karena ada lemon-nya, jadi lebih seger deh. Apalagi kalo disajikan didalam gelas yang cantik, ditambah hiasan yang manis..serasa dipantai..hehe..

Strawberry Cooler
Source : Majalah Femina ‘jadul’

Bahan :
500 gr strawberry segar, bersihkan
2 sdm air jeruk lemon
175 gr yoghurt rasa strawberry
500 ml susu cair
2 sdm gula pasir
Es batu

Cara membuat :
– Proses strawberry, air jeruk lemon, yoghurt, susu dan gula pasir dalam blender hingga tercampur rata dan gula larut, angkat.
– Masukkan ke dalam gelas saji hingga hampir penuh, tambahkan es batu.
– Sajikan segera.