Mpek mpek Palembang

Mpek mpek Palembang


Ineeee, resep mpek-mpek lu gue contek yaaaaaa. Secara terkenal gituhh;-)

Dah 2 kali bikin mpek-mpek ini. Yang pertama waktu blom punya food processor, ngulenin pake tangan. Hasilnya, susah dibentuk euy adonannya. Mungkin karena ga tercampur rata, jadi adonannya kurang mantaff gitu..malah encer.

Yang kedua, setelah punya food processor, trus airnya gue kurangin dikiiit, yah dikurangin 20 ml doang kale, lebih gampang dibentuknya. Syukur alhamdulillah bentuk jadi lebih ‘ketauan’ dibanding pengalaman pertama hehehehe.

Nah untuk kuahnya, secara harus browse lagi di postingan Ine sebelumnya (dan gue dah keburu masuk dapur, inet dah dimatiin..too much explanation..??hihihi), jadi gue pake resep yang ada di majalah Sedap.

Jadi ketagihan nih bikin mpekmpek..:-)
Makasi ya Ne..


Mpek mpek ala Ine Sena
Source : blognya Ine Sena

Bahan :
200 gr ikan tenggiri (dingin)
Tepung sagu + 1/2 sdm peres tepung teng mien = 150 gr
125 ml air dingin (air sebaiknya ditimbang menjadi 125 gr, karna gelas ukur suka beda2 takarannya)
2 siung bawang putih, haluskan
2 sdt garam
3 sdt gula

Cara membuat :

– Haluskan ikan tenggiri, bumbu-bumbu, dan 50 ml air menggunakan food proccessor hingga menggumpal.
– Masukkan sisa air, proses hingga tercampur rata.
– Masukkan campuran tepung, proses hingga tercampur rata.
– Siapkan wadah datar yg cukup luas, taburi dengan tepung tapioka.
– Sendokkan adonan di atasnya, baluri kedua tangan dengan tepung tapioka, supaya ketika membentuk adonan tidak menempel di tangan. Bentuk adonan bulat panjang untuk bentuk lenjer, sedangkan untuk mpekmpek kapal selam, tinggal potong dari bentuk lenjer tadi, pegang dengan tangan kiri, tegakkan, buat lubang dengan menggunakan jempol tangan kanan dibantu dengan jari-jari lainnya (duch, ribet…), lalu isikan sesendok teh kocokan telur (pokoke setengah tinggi lubang, biar waktu ditutup telurnya ga meluap keluar karena kepenuhan), tutup lubang dengan merapatkan sisi-sisi lubang tadi dalam bentuk satu garis (gimanalah bentuk mpekmpek kapal selam).
– Rebus dalam air mendidih yg banyak dan sudah ditambahkan sedikit minyak goreng agar ketika direbus tidak berbusa dan hasilnya mengkilat. Khusus untuk mpekmpek kapal selam, setelah dibentuk harus segera direbus. Kalo nggak, isinya bakalan merembes keluar deh…
– Jika mau dihidangkan, goreng dengan api sedang.


Kuah mpekmpek
Source : Majalah Sedap edisi ..aduhh ngumpet majalahnya, edisi berapa yaa..?

Bahan saus cuko :
500 gula merah,sisir halus
2250 ml air
190 gr asam jawa
1 ½ sendok teh garam

Bumbu halus :
6 buah cabe rawit hijau
1 ½ sendok makan tongcai
11 siung bawang putih, haluskan

Cara :
Rebus gula merah dan air sampai larut. Saring. Tambahkan bumbu halus, asam jawa, dan garam. Masak sampai matang.

Mozzarella Sticks

Mozzarella Sticks

Pertama kali nyobain ini di Rest. Eddy’s di depan rumah Mba Emma, di Hang Lekir. Enakkk. Trus jalan-jalan ke dapurnya Mba Nug, liat ada resepnya. Wah kebetulan banget, stok mozzarella gue sudah harus dihabiskan, takut kelamaan nyimpennya.

Bikin deh. Pertama kali ngegoreng, kejunya lumer, jadi kopong stick-nya. Yang kedua, ga lama-lama, langsung gue angkat, sukses alhamdulillah, jadi juga. Hmm lumayan sebagai cemilan di sore hari (gimana ga genduuutttt bu?)
Makasi Mba Nug, dah gue zontek resep mocarella-nya (eh kebolak yaa?)..;-)

Mozzarella Sticks
Source : http://www.recipebazaar.com/30977 (n Mba Nug)

¼ cup flour
1 cup Italian style bread crumbs
2 eggs
1 tablespoon milk
1 lb mozzarella cheese, cut into ¾ inch x ¾ inch strips (or you can use string cheese and cut each in half)
1 cup vegetable oil
1 cup jarred pizza sauce or marinara sauce

Whisk eggs and milk together
1. Coat each piece of cheese with flour, then dip in egg and then roll in bread crumbs.
2. Dip in eggs and bread crumbs again.
3. Heat oil in skillet and cook sticks for about a minute on each side, or until golden and before cheese starts to leak.
4. Drain on paper towels.
5. Serve with sauce for dipping.

Bitter-ballen

Bitter-ballen

Banyak resep bertebaran untuk bitterballen ini. Termasuk yang dengan modifikasi keju leleh didalamnya. Yummy banget ya keliatannya. Nah hari ini gue praktekin deh.

Ternyata bikinnya ga susah-susah amat kok (gaya ya gue..?). Agak ribet di ngebuletin-nya aja. Lainnya ngga. Kalo seneng yang krenyes-krenyes, bulatannya dibuat kecil aja, jadi kulit krenyesnya lebih berasa..:-)
Apalagi gue pake breadcrumb, bukan tepung panir biasa. Lebih krenyes rasanya.

Resep ini gue modif sedikit dengan menambahkan keju mozzarella parut didalam bitterballen. Yummy..!

Bitter-ballen
Source : Buku ‘Snack Gurih Goreng’ -nya Rinto Habsari

‘Merupakan makanan khas Belanda. Dibuat dari adonan ragout yang agak kental lalu dibentuk bola-bola mirip kelereng. Pilih tepung panir bertekstur halus atau agak kasar untuk mendapat hasil goreng yang bagus.’

2 sdm mentega/margarin
1 batang daun bawang, iris halus
150 g tepung terigu
400 ml susu
½ sdt garam
1 sdt merica bubuk
½ sdt pala bubuk
250 g fillet dada ayam rebus, cincang agak halus
50 g keju Cheddar, parut

Adonan salut :
200 g tepung panir baru yang berbutir halus
2 butir telur, kocok rata
Minyak untuk mengoreng

Lelehkan mentega/margarine, tumis daun bawang hingga harum dan layu. Masukkan tepung terigu, aduk cepat dan rata hingga berbutir, tuangi susu, garam, merica, dan pala, aduk rata. Masukkan ayam dan keju Cheddar, aduk rata. Angkat, sambil aduk-aduk hingga adonan dingin.

Bentuk adonan menjadi bola-bola sebesar kelereng, celupkan ke dalam tepung panir – telur kocok – tepung panir. Timang-timang bitterballen untuk membuang sisa tepung panir. Diamkan selama 20 menit agar adonan salut menempel sempurna.

Goreng dalam minyak banyak dan panas di atas api besar hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan, sajikan.

Untuk 30 buah.

American Risoles

American Risoles


Dulu pernah bikin, tapi waktu itu blom punya blog, jadi ga diphoto. Nah sekarang bikin lagi.
Yang dulu pake Teflon diameter 16 cm, soale blum punya yang diameter 12 cm.

Hmm ternyata adonan kulit itu harus disaring lho sebelum dituang ke wajan dadar panas. Hehehe gue kelewat, kagak disaring.

Trus untuk isinya, gue tambahin sedikit garam.

Hubby sukaa, dia ngabisin banyak lhooo..:-)


American Risoles
Source : Fatmah Bahalwan

Kulit :
100gr tepung terigu
3 btr telur
1 sdm mentega leleh
1/2 sdt garam
300ml susu

Cara membuat:
– Ayak terigu, taruh dalam mangkuk bersama garam. Buat lubangditengah, pecahkan telur di dalamnya, aduk satu arah.
– Tambahkan susu sedikit demi sedikit, hingga adonan menjadi licin danhalus.
– Tambahkan susu hingga habis, masukkan mentega leleh.

– Tutup adonan dengan plastik, diamkan 30 menit.
– Olesi wajan dadar diameter 12 cm dengan margarine, panaskan.
– Tuangi 1 sendok adonan, ratakan sambil diputar, 2-3 menit, angkat.

Bahan isi :
4 lbr Smoked beef, potong kecil 2 x 2 cm
100 gr keju cheddar parut / mozarella / SCC/Mayonaise
4 btr telur rebus, potong kecil
1 butir telur, kocok lepas
250 gr tepung panir
½ kg minyak goreng

Cara membuat :
– Bentangkan crepes, isi dengan potongan smoked beef, potongan telur rebus, sedikit keju parut, lipat spt amplop. Sisihkan
– Lakukan hingga crepes habis.
– Celupkan crepes isi ke dalam telur kocok, gulingkan dalam tepung panir.
– Masukkan kedalam lemari pendingin kira-kira 1 jam.
– Goreng hingga kuning.
– Sajikan dengan saus pedas, atau cabe rawit.

Pangsit Goreng

Pangsit Goreng

Resep paling simpel yang pernah gue liat untuk pangsit goreng. Rasanya pun enaakkk. Wahh lumayan banget deh..:-)

Makasi Mba Ine..:-)

Pangsit Goreng
Source : Mba Ine Elkaje

Bahan :
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
30 lembar kulit pangsit
150 gram daging ayam, cincang (bisa di kombinasi ayam dan udang, 1:1)
2 siung bawang putih, iris tipis, goreng kering, tiriskan, uleg halus
Cara :
1. Campur daging ayam, bawang putih, garam, dan merica bubuk hingga rata, lalu bagi menjadi 30 bulatan kecil.
2. Letakkan tiap bulatan di tengah selembar kulit pangsit, lipat membentuk segitiga dan menyerupai perahu, lalu rekatkan kedua ujungnya dengan setetes air.
3. Goreng pangsit dalam minyak banyak dan api sedang hingga matang kecoklatan, angkat, tiriskan.