Salmon, avocado, lettuce n tomato salad

Salmon, avocado, lettuce n tomato salad

Salmon, Avocado, Lettuce n Tomato Salad


Ikut memeriahkan HUT KBB yang I, ikutan Lomba Masak, Lomba Baking, dan Lomba Food Photography. Postingan ini hanya untuk Lomba Masak. Lomba lainnya mnyusul setelah ini..:-)

Hehehe nyari yang gampang aja di bulan puasa ini (duh ngumpet ahh, diketawain deh pasti), bikin salad ini deh. Bisa pake apa aja yang ada di kulkas. Supaya warnanya cakep, warna-warni sesuai tema lomba kali ini, gue pake lettuce, kol ungu/merah, paprika kuning, cherry tomato, alpukat, salmon, dan telur rebus. Jadi warna-warni kan? Cakep kan?

Tinggal diiris/dipotong deh sesuai selera. Seperti ini..

Trus diaduk..

Dressingnya juga bikinnya gampang banget. Campurin ajah lemon juice/orange juice dengan olive oil perbandingan 1:2, trus dikasi black pepper bubuk dan garam. Boleh juga dikasi apple cider vinegar dikit. Siap disiram deh:-)

Jadi deh…:-)

Selamat HUT yang ke 1 untuk KBB…hip hip hurraaayyyyy…:-)

KBB#6: Cheese Biscuits

KBB#6: Cheese Biscuits


Ga berasa, dah KBB#6 aja ya. Dan tumben banget kali ini tugasnya relatif gampang. Biasanya agak-agak ‘ribet’ gitu. Bahannya aja cuma 4-5 item. Cara bikinnya juga cuma diaduk/diremas doang. Trus dipanggang. Beda bener yaa ama tugas-tugas sebelumnya.

Tadinya mo nyetak biskuit-nya pake cookiecutter gitu. Biar rapi, seragam dan cantik. Tapii hmm kayaknya lucu juga ya kalo bikin biskuit yang berkesan jadul. Dengan bentuk yang ga rapi. Jadi bginilah hasil akhirnya.


Keju gue pake parmesan merk Anchor. Butter pake yang Elle & Vire unsalted. Tepung pake Kunci Biru. Sesame seed gue ganti dengan almond iris, dan sebagian gue pake pistachio.
Rasanya pas. Ga keasinan. Oya, suhu oven gue turunin hingga 165 derajat Celcius.
Pas deh 15 menit. Kering dan renyah. Enak kok:-)

Terima kasih utk host KBB#6 : Mba Regina dan Mba Swi..makasi yaa..

======================================

KBB#6: Cheese Biscuits

Tantangan ke 6 kali ini kita membuat biskuit yang bahan utamanya keju. Panganan biskuit keju atau cheese wafers dapat dihidangkan saat cocktail party atau sekedar camilan biasa. Variasi biskuit diserahkan kepada semua anggota sesuai dengan selera masing-masing, misalnya dengan menambahkan kacang-kacangan seperti walnut atau pecans, atau hanya dengan menaburkan wijen..

Yang perlu diperhatikan adalah saat memanggang. Karena suhu oven variatif, disarankan untuk mencek biskuit setiap 5 menit karena biskuit ini gampang gosong. Penggunaan keju juga harus keju tua dengan pilihan bervariasi, seperti cheddar, parmigiano, pecorino, atau yang lainnya sesuai dengan selera masing-masing.

Happy Baking!

Tingkat Kesulitan: Mudah.

English Version

Source: Vogue Australia: Wine and Food Cookbook.

225g grated mature cheese
125g butter
125g flour
cayenne pepper to taste
sesame seeds

With finger tips, mix together cheese, butter, flour and cayenne pepper until mixture forms a mass. Butter a biscuit tray.

Make small balls of the dough. Roll some in sesame seeds and press on tray, placing them fairly far apart as they will spread while cooking. (We have pressed walnuts on some of the biscuits and, for a colour contrast, some chopped pistachio nuts).

Bake biscuits in pre-heated oven 180C for 15 minutes. Store in an airtight container.

Bahasa Indonesia

Sumber: Vogue Australia: Wine and Food Cookbook.

225g keju tua parut
125g mentega
125g tepung terigu
Cayenne pepper
biji wijen

Campur keju, mentega, tepung dan cayenne pepper bersama (remas) menggunakan ujung jari sampai tercampur rata dan adonan menyatu membentuk gumpalan. Siapkan loyang biskuit yang diolesi mentega.

Bulatkan adonan kecil-kecil. Gulingkan beberapa bulatan ke biji wijen dan tekan-tekan di atas loyang dengan jarak yang agak lebar karena biskuit ini akan meleber saat dipanggang. (Kami—maksudnya tim dapurnya buku ini– menaburkan walnut ke atas biskuit dan ditekan-tekan sedikit ke atas biskuit, dan untuk penambahan warna yang kontras, kami juga menambahkan pistachio cincang).

Panggang biskuit dalam oven yang sudah dipanasi terlebih dahulu dengan suhu 180C selama 15 menit. Simpan di dalam wadah kedap udara.

Kerang Rebus Sambal Kacang

Kerang Rebus Sambal Kacang

Lagi nyetok banyak kerang nih, kita ngolah kerang lagi yuukk..:-)

Dulu waktu masih hidup nge-kost, suka makan di warung seafood pinggir jalan. Nah kerang rebus ini menu andalan, sebagai starter. Wong harganya murah kok. Cuma 3 hingga 4 ribu seporsi, ketika itu.

Nah sekarang, mending bikin sendiri deh..:-)

Kerang Rebus Sambal Kacang
Source : Majalah Santap no. 12, Nov ‘04

Untuk 4 porsi

675 g kerang hijau dengan cangkang
1 batang serai, memarkan
2 cm jahe, memarkan

Sambal kacang
100 g kacang tanah kupas
1 buah cabai merah, potong 3
2 siung bawang merah, kupas utuh
1 siung bawang putih, kupas utuh
200 ml air
½ sdt garam
½ sdt gula

4 sdm daging nanas parut
4 sdm saus cabai botolan
4 sdm saus tomat botolan

– Rendam kerang di air bergaram selama 2 jam. Setelahnya, sikat cangkang di bawah aliran air hingga bersih. Buang ‘jenggot’ kerang dengan cara menariknya.
– Panaskan air sebanyak 2 liter bersama serai dan jahe. Masukkan kerang, rebus selama 15 menit. Tiriskan. Jika masih ada kerang yag menutup, buang. Lepaskan cangkang atasnya.
– Sambal kacang : goreng kacang tanah, cabai, bawang merah, dan bawang putih hingga kacang keemasan, tiriskan. Proses kacang dan bumbu dalam blender bersama air hingga halus, sisihkan. Panaskan wajan. Masak kacang yang telah dihaluskan dengan sisa bahan sambal kacang hingga mengental.
– Penyajian : untuk satu porsi, campur 1 sdm sambal kacang, 1 sdm saus tomat botolan, 1 sdm saus cabai botolan, dan 1 sdt nanas parut, aduk rata. Sajikan bersama kerang rebus.

Kerang Saus Padang

Kerang Saus Padang

Seafood ahh..kerang ijo bgini enyak enyak enyak..suegeerrr..
Gue bisa ngabisin 3 piring sendiri kaleee..hehehe..

Kerang Saus Padang
Source : Buku ‘a la Kaki Lima’ dari Primarasa

Bahan :
1000 g kerang hijau
Air untuk merebus kerang
2 sdm minyak goreng, unutk menumis
2 cm jahe, cincang
1 – 2 buah tomat, cincang
500 ml air
200 g nanas kupas, parut
1 sdm cuka 5 %
1 sdm tepung maizena, larutkan dalam sedikit air

Saus : Campur jadi satu
3 – 4 sdm saus tomat botolan
1 sdm saus cabai
1 sdm kecap manis
2 sdt gula pasir
½ sdt merica

Bumbu halus
13 buah cabai keriting
50 g bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt garam

1. Sikat kerang sampai bersih, buang ‘serabut’nya, kemudian rebus dalam air sampai kulitnya terbuka dan kerang matang, angkat dan tiriskan. Buka kulit kerang, biarkan daging kerang tetap melekat pada salah satu kulitnya, buang kulit pasangannya, sisihkan.
2. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis jahe dan bumbu halus sampai harum. Masukkan tomat cincang, aduk sampai layu, tuangi campuran saus.
3. Masukkan air dan kerang rebus. Bubuhkan garam bila perlu, masak sampai seluruh bahan cukup matang dan tidak berbau langu, tambahkan nanas parut dan cuka, aduk.
4. Masukkan larutan tepung maizena, aduk sampai kental, angkat.

Vegie Cup

Dari dulu pengen bikin Vegie Cup ini. Bayam n smoked beef campur telur campur susu trus dipanggang, hmm sounds good. Bahan-bahan komplit, nunggu apalagi? Begitu jadi, keluar dari oven..hmm wanginya enak sekali..icip rasanya, okehh!!

Seharusnya sih pake cetakan muffin yg gedean (yg cuma 6 lubang) , oalah ternyata gue ga punya. Sok yakin banget punya. Ya udah gue pake cetakan muffin yang kecil ajahh. Ga papa kan? Terpaksalah dadarnya gue ‘kecilin’ pake gunting hihi.

Trus ati2 waktu manggangnya ya, sering2 diliatin deh, soale dadarnya cepet kering trus ntar gosong. Jangan terpaku ama resep.

Vegie Cup a.k.a Mangkuk Sayur
Source : Buku ‘Olahan Lezat Sayuran’ dari Primarasa

Bahan :
150 gr bayam, petik daunnya
2 lembar daging asap
6 butir telur
200 ml susu cair
½ sdt merica bubuk
¼ sdt pala bubuk
150 gr keju parut

Dadar :
75 gr tepung terigu
¼ sdt garam
2 butir telur, kocok
250 ml susu cair

Cara :

  • Cincang bayam kasar-kasar, taruh dalam wadah, kukus sebentar sampai lunak, angkat, sisihkan. Iris persegi daging asap ukuran ½ x ½ cm.
  • Kocok telur, campur bersama susu cair, masukkan merica dan pala, aduk hingga rata. Masukkan keju, bayam, dan daging asap, aduk, sisihkan.
  • Dadar : campur bahan dadar dalam mangkuk, aduk hingga licin. Panaskan wajan dadar bergaris tengah 12 cm, olesi dengan sedikit margarin. Tuangi 30 ml adonan dadar. Goyang-goyangkan wajan agar dadar rata dan tipis, angkat, keluarkan dari wajan. Selesaikan untuk sisa bahan.
  • Panaskan oven pada suhu 180 ° C. Olesi cetakan muffin dengan margarin. Masukkan selembar dadar di setiap lubang cetakan. Biarkan pinggiran dadar berlekuk-lekuk sehinga berbentuk kembang.
  • Masukkan adonan bayam ke dalam mangkuk dadar hingga ¾ penuh. Taburi keju parut, lalu masukkan ke dalam oven. Panggang selama 30 menit hingga kuning kecoklatan, angkat. Keluarkan kue dari cetakannya, hidangkan.

Zupa-zupa Soup

Ini yang biasanya gue cari kalo ke kondangan. Hehe. Ternyata bikinnya ga susah-susah amat. Dgn catatan, pake pastry dough (adonan pastry) beli jadi. Kalo ngga yah ribeett. Perlu kursus sendiri tuh kayaknya.Nah kalo Sup Krim Jamurnya sih ga susah bikinnya. Mo lebih gampang lagi? Beli aja yang dijual dalam bungkus seperti bungkus agar2 (dari kertas). Bisa merk Knorr, Royco, dll. Beres deh. Buat sarapan sedap deh..panas2 keluar dari oven. Hmm..
Oya, resepnya gue ambil dari milis Natural Cooking Club ya. Berikut sedikit catatan dari yang posting-in (aduuh maap lagi…siapa ya? Maap banget ya) ……………………………………………………………………………………………
Prinsipnya si zupa soup ini adalah sup krim taruh di mangkuk tahan panas, lalu ambil sopotong kotak adonan pastry, tipiskan, tutupkan diatas mangkuk sup, lalu olesi pastry dengan kuning telor oven hingga pastry kekuningan. angkat, hidangkan.

Sup Krim Jamur
Original Recipe by Fatmah Bahalwan

Bahan :
75 gr margarin
75 gr bw bombay, cincang
200 gr jamur kancing, cincang kotak kecil
30 gr tepung terigu
600 ml kaldu
2 sdt saus mustard
1 sdt garam
½ sdt merica bubuk
100 ml krim kental (whipped krim)

Jamur tumis
1 sdm margarin
50 gr jamur kancing potong tipis.

Cara membuatnya :
Panaskan margarin, tumis bawang bombay sampai layu, masukkan jamur, aduk sampai jamur layu, tambahkan terigu, aduk rata, pindahkan kedalam panci.
Tuang kaldu sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai adonan rata, didihkan. Masukkan saus mustard, garam dan merica, aduk, angkat. Dinginkan.
Jamur tumis: panaskan margarin, tumis jamur iris hingga layu, sisihkan.
Masukkan sup kedalam blender, proses hingga halus. Tuang kembali kedalam panci, jerang diatas api kecil sampai cukup panas, aduk, angkat. Hidangkan selagi panas.

Note : bisa ditambahkan potongan dadu kecil daging ayam dan jagung manis pipilan, pada sup krim jamurnya.
…………………………………………………………………………………………………………

Lumpia Udang Mayonnaisse

Ini nih yang bikinnya cepet, tapi hasilnya uenakk. Kalo tiba2 ada temen yg dateng, tp ga punya apa2 buat disuguhin, coba bikin ini aja. Pasti menolong deh.

Lumpia Udang Mayonnaisse
Source : Kursus Dimsum di Natural Cooking Club, Matraman, Jakpus

Bahan:
300 gr udang, kupas, cincang kasar
2 sdm tepung sagu / maizena
1 sdm minyak wijen
1 sdt garam
10 lbr kulit lumpia
Minyak goreng

Cara membuat :
– Udang diberi semua bumbu dan aduk rata.
– Ambil satu lembar kulit lumpia, isi dengan satu sendok bahan isi, lipat segitiga atau gulung seperti amplop, rekatkan, goreng.

Mayonnaise:
1 btr telur
30 gr gula halus
350 ml minyak salad
2 sdm air jeruk lemon
2 sdm susu kental manis

Cara membuat :
– Taruh dalam wadah : telur, gula halus, air jeruk lemon dan susu kental manis.
– Kocok mixer kecepatan sedang sambil dituangi minyak salad.