First Cake



Assalamualaikum..holla..senang sekali deh akhirnya gua berani juga bikin blog untuk proyek dapurku. Secara gue beginner abisss gitu. Tapi ga papa, lama-lama juga kalo ditekunin Insya Allah bisa. Aminnn.

Jadi nyesel deh beberapa makanan yang udah gue kerjain ga semuanya difoto, karena emang tadinya ga niat diblog-in. Nah mulai sekarang smua proyek dapur gue harus difoto..termasuk yang gagal hihi..

Sejak resign dari kantor karena kehamilan yang aga’ berat, sebenernya gue punya banyak waktu. Nah sekarang setelah anak gue yang cantik, Jasmine Az-zahra Vijaya berumur 6 bulan, waktu gue lebih banyak lagi. My hubby juga mendukung banget. Semangat juga nemenin gue belanja keperluan dapur. Pernah gue ikutan Lomba Masak 1000 Wanita, eh dia semangat lho nemenin gue. Padahal gue hanya ngeramein acara aja. Ditengah acara juga dia teriak2 ngasi instruksi ke gue. “Motongnya kecil2..kurang kecil tuh..” . Hehe.

Gue makin semangat deh menguasai dapur dan banyak peralatan2 baru gue. Sekarang suka ikut kursus dan memasak bareng para suhu memasak. Cooking, baking, decorating, etc. Trus beli buku mlulu hehe.

Nah ini nih salah satu proyek pertama gue. Praktekin brownies kukus, dihias dengan coklat dan buttercream. Menghias dengan coklat adalah salah satu favorit gue, karena ga perlu banyak alat, dan dibuat simple juga hasilnya akan manis. Brownies kukus yang ini dibuatnya gampang kok.
Nih resepnya.

Brownies Kukus
Source : Milis Dapur Bunda

Bahan :
200 gr tepung terigu
400 gr gula halus
8 butir telur
300 ml minyak goreng
60 gr coklat bubuk
½ sdt vanili
1 sdm baking powder
½ sdt garam
Meisjes secukupnya

Cara membuat :
– Ayak tepung terigu, coklat bubuk dan baking powder. Sisihkan.
– Kocok telur dan gula hingga larut, masukkan bahan kering, aduk rata.Tambahkan vanili dan garam, terakhir masukkan minyak goreng.
– Aduk rata, bagi menjadi 2 adonan.
– Masukkan dlm loyang ukuran 24 cm yg telah dioles margarine tipis dan dialas kertas roti.
– Masukkan adonan pertama, kukus selama 15 menit dgn api sedang, setelah permukaan kering taburi dgn meisjes.
– Masukkan adonan kedua, kukus +/- 20 menit.
– Angkat, dinginkan.