Ayam Wokublanga

Ayam Wokublanga

Rindu dengan Bunda Inong, kali ini praktekin resep dari Bunda Inong yuk. Dulu sering banget bikin ini. Bedanya sekarang cabenya dikurangin.

Enak, empuk, dan mantafff..:-)
Makasi Bunda dan Cookie Monstel 🙂

AYAM WOKUBLANGA
Source : Bunda Inong (Dapur Bunda Zidan & Syifa)
dimodifikasi dari resep asli di BlogFam kiriman Cookie Monstel

Bahan:

1 ekor ayam negeri, potong-potong jadi 12 buah
Air jeruk nipis dari 1 buah jeruk nipis
1 buah tomat, diiris
2 btg sereh, digeprek
2 btg daun bawang, diiris 1 cm
3 lbr daun jeruk
2 ikat daun kemangi
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Merica secukupnya
Air secukupnya

Bumbu halus:
5 siung bawang merah
100 gr cabe merah keriting
50 gr cabe rawit merah
1 ruas kunyit
1 ruas jahe
5 btr kemiri

Cara membuat:

– Ayam dilumuri garam dan air jeruk nipis, sisihkan.
– Siapkan bahan lainnya dan bumbu halus.
– Tumis bumbu halus dan sereh sampai harum dan matang.
– Masukkan ayam, tambahkan air, aduk rata.
– Masukkan irisan tomat, sereh, dan daun jeruk. Aduk rata lalu tutup wajannya, masak dengan api sedang, sampai ayam matang dan kuahnya tinggal sedikit.
– Bubuhkan garam, gula dan merica, lalu masukkan irisan daun bawang dan kemangi.
– Aduk sebentar, angkat. Hidangkan panas-panas.

Cake for Raka

Cake for Raka

Temenku ngelahirin anak keduanya. Trus gue bikinin cake ini deh. Dilapis dengan buttercream, kemudian diberi mawar gulung dari fondant, diberi daun-daunan dari buttercream, dan ditulisin ‘Dear Raka’.

Warna menggunakan Teal, Aster Mauve, dan Kelly Green dari Wilton. Nyesel banget ga pake Wilton dari dulu. Warnanya bagus-bagus, jadi ga perlu dicampur-campur lagi untuk menghasilkan warna yang bagus dan ngga pasaran. Dan harganya juga ga terlalu mahal kok. Dipake dikit aja warnanya dah ‘keluar’.

Like it..like it..very much:-)

Kimlo

Kimlo

Selamat pagi man teman..apa kabar? *sok penyiar* hehe..

Minggu ini diawali dengan yang sehat-sehat yuk ah..shabu-shabu blom kesampean..sementara ini dulu deh. Salah satu favorit gue kalo kondangan hehe. Enakk dan sehaattt..:-)

Susah juga lho nyari bunga sedap malam-nya (gue aja yang kurang gaul kalee). Gue nemu di Pasar Tebet, langsung ambil, nyampe rumah langsung diolah. Hmmm sedaappp…:-)

Kimlo
Source : Majalah ‘Menu Sehat’ edisi 06/2005

Bahan :
½ ekor ayam, buang kulit dan lemaknya
100 g kapri muda
100 g wortel
20 g bunga sedap malam, rendam
10 g jamur kuping kering, rendam
20 g soun, rendam
2 tangkai daun bawang, iris halus
1 tangkai daun seledri, iris ½ cm
½ liter atau lebih air
Garam
Merica

Bumbu yang dihaluskan :
3 butir bawang merah
3 siung bawang putih

Cara membuat :
Rebus ayam sampai setengah empuk. Beri garam. Angkat, suwir. Masukkan kembali ke kuah ayam.
Rendam terpisah sedap malam, jamur kuping, dan soun sampai mekar. Soun setelah mekar dipotong 5 cm, jamur kuping dipotong 2 cm. Sedap malam dibuang pangkal bunga, lalu buat simpul.
Tumis bawang merah dan bawang putih. Setelah harum, masukkan ke rebusan ayam. Tambahkan juga wortel. Masak sampai hampir empuk.
Masukkan jamur kuping. Masak sampai wortel empuk.
Tambahkan soun, bunga sedap malam, kapri, daun bawang dan seledri. Beri garam (jika perlu) dan merica. Masak sampai mendidih.

Untuk 4 porsi.

Tip Sehat.

Sedap malam yang nama latinnya Lonicera Japonica berkhasiat menurunkan panas dan membersihkan darah dari racun. Selain itu, sedap malam juga bersifat diuretic (melancarkan air seni).