KBB#6: Cheese Biscuits

KBB#6: Cheese Biscuits


Ga berasa, dah KBB#6 aja ya. Dan tumben banget kali ini tugasnya relatif gampang. Biasanya agak-agak ‘ribet’ gitu. Bahannya aja cuma 4-5 item. Cara bikinnya juga cuma diaduk/diremas doang. Trus dipanggang. Beda bener yaa ama tugas-tugas sebelumnya.

Tadinya mo nyetak biskuit-nya pake cookiecutter gitu. Biar rapi, seragam dan cantik. Tapii hmm kayaknya lucu juga ya kalo bikin biskuit yang berkesan jadul. Dengan bentuk yang ga rapi. Jadi bginilah hasil akhirnya.


Keju gue pake parmesan merk Anchor. Butter pake yang Elle & Vire unsalted. Tepung pake Kunci Biru. Sesame seed gue ganti dengan almond iris, dan sebagian gue pake pistachio.
Rasanya pas. Ga keasinan. Oya, suhu oven gue turunin hingga 165 derajat Celcius.
Pas deh 15 menit. Kering dan renyah. Enak kok:-)

Terima kasih utk host KBB#6 : Mba Regina dan Mba Swi..makasi yaa..

======================================

KBB#6: Cheese Biscuits

Tantangan ke 6 kali ini kita membuat biskuit yang bahan utamanya keju. Panganan biskuit keju atau cheese wafers dapat dihidangkan saat cocktail party atau sekedar camilan biasa. Variasi biskuit diserahkan kepada semua anggota sesuai dengan selera masing-masing, misalnya dengan menambahkan kacang-kacangan seperti walnut atau pecans, atau hanya dengan menaburkan wijen..

Yang perlu diperhatikan adalah saat memanggang. Karena suhu oven variatif, disarankan untuk mencek biskuit setiap 5 menit karena biskuit ini gampang gosong. Penggunaan keju juga harus keju tua dengan pilihan bervariasi, seperti cheddar, parmigiano, pecorino, atau yang lainnya sesuai dengan selera masing-masing.

Happy Baking!

Tingkat Kesulitan: Mudah.

English Version

Source: Vogue Australia: Wine and Food Cookbook.

225g grated mature cheese
125g butter
125g flour
cayenne pepper to taste
sesame seeds

With finger tips, mix together cheese, butter, flour and cayenne pepper until mixture forms a mass. Butter a biscuit tray.

Make small balls of the dough. Roll some in sesame seeds and press on tray, placing them fairly far apart as they will spread while cooking. (We have pressed walnuts on some of the biscuits and, for a colour contrast, some chopped pistachio nuts).

Bake biscuits in pre-heated oven 180C for 15 minutes. Store in an airtight container.

Bahasa Indonesia

Sumber: Vogue Australia: Wine and Food Cookbook.

225g keju tua parut
125g mentega
125g tepung terigu
Cayenne pepper
biji wijen

Campur keju, mentega, tepung dan cayenne pepper bersama (remas) menggunakan ujung jari sampai tercampur rata dan adonan menyatu membentuk gumpalan. Siapkan loyang biskuit yang diolesi mentega.

Bulatkan adonan kecil-kecil. Gulingkan beberapa bulatan ke biji wijen dan tekan-tekan di atas loyang dengan jarak yang agak lebar karena biskuit ini akan meleber saat dipanggang. (Kami—maksudnya tim dapurnya buku ini– menaburkan walnut ke atas biskuit dan ditekan-tekan sedikit ke atas biskuit, dan untuk penambahan warna yang kontras, kami juga menambahkan pistachio cincang).

Panggang biskuit dalam oven yang sudah dipanasi terlebih dahulu dengan suhu 180C selama 15 menit. Simpan di dalam wadah kedap udara.

Lidah Masak Hijau

Lidah Masak Hijau

Begini deh kalo ditinggal suami keluar kota. Lama pula, 2 minggu. Sebelumnya ga pernah ditinggal lama sih, paling juga ga nyampe seminggu.

Ga ada misua, males masuk dapur..males nyoba-nyoba resep, males baking, dan lain-lain.
Yang ada bongkar-bongkar photo lama, bongkar-bongkar stok postingan, nemu ini..

Duluuuu…waktu masih tinggal ama bokap nyokap, gue ga pernah makan lidah. Ga pernah dihidangin dirumah. Setelah ngekost di Bandung, baru deh ngerasain. Oh ternyata enak juga yah..

Sayangnya hubby ga doyan lidah, n asisten2 juga ga ada yang doyan, jadi sampe sekarang hanya sekali ini doang gue masak lidah..daripada gue disuruh ngabisin sendiri..hehehe..

Kembali ke Lidah Masak Hijau, gampang kan bikinnya. Gue pake presto supaya cepet empuk. Sambal Hijau-nya enakk deh..makasi Ina dah sharing resepnya yaaa…:-)

Lidah Masak Hijau
Source : Ina Inayah

Bahan :
1 Buah lidah, rebus dengan 2 lembar daun salam, 1 ruas lengkuas, hingga empuk, bersihkan kulitnya, potong-potong tipis, sisihkan

Bumbu hijau :
10 buah cabe hijau, haluskan
3 buah cabe rawit merah (atau sesuai selera, gak pake juga oke), potong2
4 siung bawang putih, haluskan
4 siung bawang merah, iris halus
1 buah tomat hijau ukuran besar, iris tipis
Garam secukupnya
1 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk
200 ml air

Cara membuat:
Tumis semua bumbu sampai harum dan layu, masukkan lidah, aduk rata.
Masukkan air kedalam tumisan, aduk kembali, masak sampai air asat, angkat dan sajikan.

Apple, Strawberry, and Mandarin Orange Cobbler

Apple, Strawberry, and Mandarin Orange Cobbler

Mudah banget menemukan resep cobbler. Di koleksi buku gue, ada beberapa buku yang memuat resep cobbler. Tidak hanya buku luar, tapi juga buku resep keluaran Primarasa.

Termasuk di buku ini. Buku oleh-oleh dari hubby, ketika ke S’pore beberapa waktu yang lalu.

Limited Edition, katanya. Lumayan bagus sih bukunya.
Hardcover, membahas kumplit dari Cooking Basics, Appetizers & Snacks, Beans, Rice & Grains, Beverages, Breads, Cakes & Frostings, Candies, Canning & Freezing, Cheese & Eggs, Cookies & Bars, Desserts, Fish & Shellfish, Grilling, Meat, Pasta, Pies & Tarts, Poultry, Salads & Dressings, Slow Cooker Recipes, Soups & Stews, Vegetables & Fruits, n 20-Minutes Meals.

Selain itu, ada juga Celebrity Chef Recipes.
Diantaranya resep dari Paula Deen, Jamie Deen and Bobby Deen, Sandra Lee, Pam Anderson, Sara Moulton, dan lain-lain.

Dengan riang gembira gue buka halaman demi halaman. Di resep kedua, langsung tertarik dengan cobbler yang disajikan. Resep aslinya sih Blackberry and Peach Cobbler.

Bikin ahhh..boleh dong buahnya gue ganti dengan yang ada.
Hmm liat kulkas, ada strawberry, jeruk mandarin kalengan, dan apel milik Jasmine. Minta satu ya nak..

Sebenernya sih jeruk mandarin kalengan ga cucok kali yaa..secara lembek n banyak airnya gitu. Tapi yah ga papa deh..biar ada warna kuningnya, seger..

Bikinnya gampang banget..semua pasti bisa. Walo gampang, tapi penampakan akhirnya keren abisss..gue suka deh..

Tapi lagi males motret nih..ala kadarnya deh..:-)

Ini resepnya. Gampang banget kan..?

Blackberry and Peach Cobbler
Better Homes and Garden : New Cook Book, Celebrating the Promise (Limited Edition)
Jamie Deen and Bobby Deen

2 cups pitted and sliced peached (about 2 pounds)
2 cups blackberries
½ granulated sugar
2 tablespoon cornstarch
1 ½ cups all-purpose flour
½ cup packed light brown sugar
2 teaspoons baking powder
½ teaspoon salt
6 tablespoons cold unsalted butter, cubed
¾ cup heavycream
Vanilla ice cream (optional)

1. Preheat oven to 350°F. Grease a 9-inch square baking pan or casserole dish; set aside.
2. In a bowl toss together the peaches, blackberries, granulated sugar, and cornstarch; set aside. In a second bowl whisk together the flour, brown sugar, baking powder, and salt. Cut in the butter until the mixture resembles coarse crumbs. Stir in the cream until just combined.
3. Spread the fruit mixture in the bottom of the prepared pan. Drop the biscuit batter by spoonfuls on top of the fruit. Bake for 45 to 55 minutes or until golden brown on top and bubbling. Let cool for 10 minutes before serving. If desired, serve with ice cream.

Gurame Goreng Cabe Hijau a la Pd. Rizki

Gurame Goreng Cabe Hijau a la Pd. Rizki


Udah lama nih ga makan gurame. Padahal dulu sempet jadi andalan ketika masih nge-kost. Abis mengolahnya gampang sih, digoreng kering bgtu saja juga enak kok:-)

Kali ini, cobain resep dari Rest. Pondok Rizki yang berlokasi di Serpong, Tangerang. Resepnya dimuat di Tabloid Info Kuliner edisi 16, April 2008.

Hmm rasanya ga biasa. Unik. Cabe hijaunya seger.

Boljug nih:-)

Gurame Goreng Cabe Hijau a la Pd. Rizki
Source : Tabloid Info Kuliner, Edisi 16, April 2008-07-15


Bahan :
1 ekor ikan gurame segar
1 ltr minyak goreng

Bumbu halus :
5 cm kunyit
3 siung bawang putih
½ sdt garam
1 sdm cuka

Sambal Cabe Hijau
Bahan :
100 gr cabe hijau besar, rebus ½ matang
1 buah tomat hijau, potong2
3 siung bawang merah, iris tipis
2 siung bawang putih, iris tips
½ sdt garam

Cara membuat :

Gurame goreng
Bersihkan ikan gurame. Belah kedua sisinya tetapi jangan sampai terputus. Sisihkan.
Siapkan wadah. Campur semua bahan halus. Aduk rata. Oleskan pada permukaan daging ikan gurame. Diamkan selama kurang lebih 5 menit.
Siapkan wajan. Panaskan minyak. Goreng ikan gurame hingga matang dan sedikit kering berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Sambal Cabe Hijau
Siapkan panci. Rebus ceba hija hingga setengah matang dan layu. Angkat dan tiriskan. Siapkan cobek. Ulek semua bahan hingga halus. Sisihkan.

Cara penyajian:
Siapkan alat hidang rotan dengan alas daun pisang. Letakkan gurame lalu siram dengan sambal di atasnya. Sajikan dengan nasi putih.

Creme Brulee Tarts

Creme Brulee Tarts

Alright..selesai sudah leha-lehanya. Sekarang ngeblog lagee..:-)

Kalo denger kata Creme Brulee, belom apa2 biasanya gue dah ngacai duluan. Doyan bangett ama desssert model2 bgini.

Dulu dah pernah bikin, tapi gagal euy. Waktu itu gue ampe mendidih sih, lama lagi..jadilah curdle ..

Sekarang bikin lagi, dengan resep yang lain..ga gagal..cihuyyy..

Oya, base/pie crust-nya beli jadi ajah hehe di Titan, Fatmawati..males aje musti rolling2 segala. Harganya kalo ga salah inget, Rp 4.000,- each. Diameter skitar 8 cm kali yee..dah lenyap sih, jd ga bisa diukur dey. Kalo belinya banyak yah berasa rugi deh, tapi kalo perlunya dikit, kalo ga mau repot, pake jurus ampuh itu aja..beli jadi! Rebes!
*Yang ada ntar ga masuk dapur deh, maunya beli jadi terusss..* :-)
Ini penampakannya..cantik yaaa…gue suka dengan pinggirannya yang ngga berlekuk-lekuk sebagaimana biasanya pie, bosennn deeh liat yang berlekuk-lekuk itu hehe..

Kebetulan lagi belanja di Titan , kalap liat bursa buku murah Gramedia-nya..dan terkaget2 dengan harga butter, heavy cream, dll sekarang, terutama semenjak kenaikan harga BBM..OH MY GOD! *pingsan seketika*, trus liat pie ini (dah bangun dong dari pingsannya *wink*)..beli deh..dah dioles coklat leleh pulak..cantik!)
And then, dikaryakan deh. Jadi Creme Brulee Tarts.
Oya. Raw brown sugar gue ganti dengan gula Jawa hahahaha jadilah lapisan atasnya bgitu. Yang penting, teteuup enakkk..

Hyiuukk mari menikmati :-)

Creme Brulee Tarts

‘Serve these melt-in-your-mouth tarts with fresh fruit, such as mixed summer berries if wished’.

Sweet Pie Dough
1 ¼ cups all-purpose flour
2 tbsp superfine sugar
½ cup butter, cut into small pieces
1 tbsp water

Filling
4 egg yolks
¼ cup superfine sugar
1 ¾ cups heavy cream
1 tsp vanilla extract
Raw brown sugar, for sprinkling

1. To make the dough, place the flour and sugar in a bowl an rub in the butter with your fingertips until the mixture resemble bread crumbs. Add the water and work the mixture together until a soft dough has formed. Wrap and chill in the refrigerator for 30 minutes.

2. On a lightly floured surface, roll out the dough to line 6 tart pans, each 4 inches/10 cm wide. Prick the bottom of the tart shells with a fork and chill in the refrigerator for 20 minutes.
3. Line the tart shells with foil and baking bean and bake in a preheated oven, 375°F/190°C, for 15 minutes. Remove the foil and beans and cook for a further 10 minutes until crisp and golden. Let cool.
4. Meanwhile, make the filling. In a bowl, beat the egg yolks and sugar until pale. Heat the cream and vanilla extract in a pan until just below boiling point, then pour it onto the egg mixture, whisking constantly.
5. Return the mixture to a clean pan and bring to just below a boil, stirring constantly until thick. Do not let the mixture boil or it will curdle.
6. Let the mixture cool slightly, then pour it into the tart pans. Let cool and then chill overnight in the refrigerator.
7. Sprinkle the tarts with the sugar. Place under a preheated hot broiler for a few minutes. Let cool, then chill for 2 hours before serving.

Nutritional Information
Calories 635
Protein 6g
Carbohydrate 36g
Sugars 17g
Fat 53g
Saturates 32 g