Ayam Wokublanga

Ayam Wokublanga

Rindu dengan Bunda Inong, kali ini praktekin resep dari Bunda Inong yuk. Dulu sering banget bikin ini. Bedanya sekarang cabenya dikurangin.

Enak, empuk, dan mantafff..:-)
Makasi Bunda dan Cookie Monstel :-)

AYAM WOKUBLANGA
Source : Bunda Inong (Dapur Bunda Zidan & Syifa)
dimodifikasi dari resep asli di BlogFam kiriman Cookie Monstel

Bahan:

1 ekor ayam negeri, potong-potong jadi 12 buah
Air jeruk nipis dari 1 buah jeruk nipis
1 buah tomat, diiris
2 btg sereh, digeprek
2 btg daun bawang, diiris 1 cm
3 lbr daun jeruk
2 ikat daun kemangi
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Merica secukupnya
Air secukupnya

Bumbu halus:
5 siung bawang merah
100 gr cabe merah keriting
50 gr cabe rawit merah
1 ruas kunyit
1 ruas jahe
5 btr kemiri

Cara membuat:

– Ayam dilumuri garam dan air jeruk nipis, sisihkan.
– Siapkan bahan lainnya dan bumbu halus.
– Tumis bumbu halus dan sereh sampai harum dan matang.
– Masukkan ayam, tambahkan air, aduk rata.
– Masukkan irisan tomat, sereh, dan daun jeruk. Aduk rata lalu tutup wajannya, masak dengan api sedang, sampai ayam matang dan kuahnya tinggal sedikit.
– Bubuhkan garam, gula dan merica, lalu masukkan irisan daun bawang dan kemangi.
– Aduk sebentar, angkat. Hidangkan panas-panas.

6 thoughts on “Ayam Wokublanga

  • July 6, 2007 at 7:50 am
    Permalink

    Saya pernah coba bikin ini, berhubung gak ada daun kemanginya plus kemiri lagi habis stocknya rasanya kok jadi gak manteb.menikmati fotonya saja deh sementara.

    Reply
  • July 9, 2007 at 4:26 am
    Permalink

    Waduuuhh…ini bener-bener bikin laperr, apalagi ada daun kemanginya. Kemangiku masih kecilll belum bisa dipanen euy. Di Toko Asia hamburg, kemangi nggak selalu ada.Ngilerrr aja deh liat fotonya.

    Reply
  • July 10, 2007 at 5:35 am
    Permalink

    Mba Retno,iya enak Mba..:-) Sampe nanam kemangi sendiri ya Mba,hebat euy Mba Retno..

    Reply
  • July 15, 2007 at 5:40 am
    Permalink

    wah mbak anrieanne bgus blognya hehehe.makananya jg bwt laper neh.
    oia mbak mau tanya kenapa ya kalo ngerebus daging ayam suka di iket pake tali rafia???biar ayamnya ga kabur ya?hehehe

    Reply
  • July 17, 2007 at 3:56 pm
    Permalink

    Hai Dhendz,lam kenal yaa.Makasi lho pujiannya hehe bikin geer ajah.Ayam diiket supaya ga kabur Dhendz, ga kembali ke kandang hehehe

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *