Beef with Cheese Sauce plus Buttered Rice

Beef with Cheese Sauce plus Buttered Rice


Waktu liat penampakan dan resep ini di majalah Santap, langsung tertarik. Beef with Cheese Sauce, wow pasti yummy neehhh..

Hmm..yang harusnya pake daging has dalam, berhubung mahal, gue ganti dengan sirloin. Lumayan jauh beda harganya. Hehe..pengiritan.com

Truss..naah, kali ini gue iseng banget. Motret di samping kolam renang apartment gue. Hihi..sembari diliatin orang-orang yang lalu lalang, gue motret deh. Hahahha..mungkin Mba Rum -babysitter-nya Jasmine- yang nemenin gue (sambil bawain properti), maluu banget kali yaa..deg-degan juga kali dia kalo tau-tau ada temennya yang lewat hehehe..
Asli gue sok cuek aja tuh motret sambil diliatin haha..

Ini hasil photonya..lumayan kan (pede abizz), beda aja gitu suasananya. Gue seneng ada warna ijo daun-daunan. Seger :-)

Trus..kembali ke menu, lumayan bangett. Porsinya jangan banyak-banyak, takut eneq. Nasi dengan mentega, bukannya ga sehat lho. Please jangan samain mentega dengan margarin yaa. Mentega alias butter jelas-jelas jauh lebih sehat daripada margarin. So don’t worry..

Lagian ga tiap hari kan makan dengan menu seperti ini..:-)

K, selamat mencicipi..:-)

Beef with Cheese Sauce (Daging Saus Keju)
Source : Stephanus Hamy (Majalah Santap Edisi Ekslusif 2006)

Untuk 4-6 porsi

2 sdm mentega
3 siung bawang putih, cincang
1 buah bawang bombai, iris menjadi 8 bagian
400 ml susu evaporated
1 ½ sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
½ sdt merica hitam, tumbuk kasar
1 sdt garam
75 g keju cheddar, parut
500 g daging sapi has dalam, rebus sampai empuk, iris tipis memanjang

Untuk menumis daging
2 sdm minyak goreng
2 sdm mentega
5 siung bawang putih cincang

– Panaskan mentega, tumis bawang putih dan bawang bombai sampai harum. Masukkan susu, didihkan.
– Tambahkan larutan maizena, masak hingga saus agak kental. Bubuhi merica hitam, garam, dn sebagian keju parut (sisakan keju untuk taburan). Aduk rata.
– Masukkan daging rebus, masak sebentar. Angkat.
– Penyelesaian : tiriskan daging dari sausnya. Panaskan minyak dan mentega, tumis bawang putih sampai harum, masukkan daging, tumis sebentar hingga kuning keemasan.
– Siram daging tumis dengan sausnya, taburi dengan keju parut. Sajikan bersama nasi mentega.

Buttered Rice (Nasi Mentega)
Source : Stephanus Hamy (Majalah Santap Edisi Ekslusif 2006)

Untuk 4 porsi

2 sdm mentega
6 siung bawang putih, cincang
1 sdt garam
½ sdt merica bubuk
1 sdm seledri cincang
600 g nasi putih

– Panaskan minyak dan mentega. Tumis bawang putih sampai wangi. Tambahkan garam, merica, dan seledri. Aduk rata.
– Masukkan nasi, aduk hingga nasi tercampur rata dengan bumbu.
– Sajikan panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *