Bitter-ballen

Bitter-ballen

Banyak resep bertebaran untuk bitterballen ini. Termasuk yang dengan modifikasi keju leleh didalamnya. Yummy banget ya keliatannya. Nah hari ini gue praktekin deh.

Ternyata bikinnya ga susah-susah amat kok (gaya ya gue..?). Agak ribet di ngebuletin-nya aja. Lainnya ngga. Kalo seneng yang krenyes-krenyes, bulatannya dibuat kecil aja, jadi kulit krenyesnya lebih berasa..:-)
Apalagi gue pake breadcrumb, bukan tepung panir biasa. Lebih krenyes rasanya.

Resep ini gue modif sedikit dengan menambahkan keju mozzarella parut didalam bitterballen. Yummy..!

Bitter-ballen
Source : Buku ‘Snack Gurih Goreng’ -nya Rinto Habsari

‘Merupakan makanan khas Belanda. Dibuat dari adonan ragout yang agak kental lalu dibentuk bola-bola mirip kelereng. Pilih tepung panir bertekstur halus atau agak kasar untuk mendapat hasil goreng yang bagus.’

2 sdm mentega/margarin
1 batang daun bawang, iris halus
150 g tepung terigu
400 ml susu
½ sdt garam
1 sdt merica bubuk
½ sdt pala bubuk
250 g fillet dada ayam rebus, cincang agak halus
50 g keju Cheddar, parut

Adonan salut :
200 g tepung panir baru yang berbutir halus
2 butir telur, kocok rata
Minyak untuk mengoreng

Lelehkan mentega/margarine, tumis daun bawang hingga harum dan layu. Masukkan tepung terigu, aduk cepat dan rata hingga berbutir, tuangi susu, garam, merica, dan pala, aduk rata. Masukkan ayam dan keju Cheddar, aduk rata. Angkat, sambil aduk-aduk hingga adonan dingin.

Bentuk adonan menjadi bola-bola sebesar kelereng, celupkan ke dalam tepung panir – telur kocok – tepung panir. Timang-timang bitterballen untuk membuang sisa tepung panir. Diamkan selama 20 menit agar adonan salut menempel sempurna.

Goreng dalam minyak banyak dan panas di atas api besar hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan, sajikan.

Untuk 30 buah.

4 thoughts on “Bitter-ballen

  • May 18, 2007 at 2:46 pm
    Permalink

    Ini favorit anakku yang di Bandung. Kalo bikin aku hanya kebagian 3 saja. Lainnya disikat deh sama dia.

    Reply
  • May 19, 2007 at 3:04 pm
    Permalink

    Ne, keju sama chiken kapan dimasukin. Pas numis sama bawang itu ya? abis belum pernah bikin bu…jadi harus step by step. Thanks Ne

    Vivinya EKo

    Reply
  • May 19, 2007 at 3:13 pm
    Permalink

    Hai Mba Esti, wah yang abis makan-makan nih di Citos ama Mb Rurry n Yuli..hiks, aku ga diajak :-( Oya, favorit anaknya yaa..?Berarti bikinnya harus lebih banyak Mba, trus dilempar juga sbagian ke akyu hihi..:-)

    Reply
  • May 19, 2007 at 3:16 pm
    Permalink

    Vivi, wahh ada sohibku disini :-)Hehe ada yang kelewat ketikannya Vi. Tuh dah Anne revisi postingannya..makasi Vi dah ‘ngingetin’ :-)

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *