Laksa Lemak

Laksa Lemak


Judulnya sih agak serem yaa, lemak gitu loh..tapi jangan anti dulu, santannya agak encer kok (btw emang maksudnya lemak dari santan gitu?) 🙂

Laksa a la Singapura ini lumayan banget sebagai variasi sehari-hari. Isinya kumplit. Ada karbohidratnya, ada proteinnya, ada vitamin dari sayurannya, dll..bisa sebagai one dish meal.Let’s cook lah..!

Oya, karena doyan ebi, jumlahnya gue tambahin hingga dua lipatnya..wangi daun kemangi yang gue gunakan, dipadu dengan wangi ebi..menggugah selera !

Laksa Lemak
Source : Buku ‘Kaki Lima Singapura’ dari Primarasa

Bahan :
150 g bihun kering
8 buah bakso ikan
200 g udang
2 buah tahu @ 6×6 cm
2 sdm minyak goreng
2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
1.000 ml santan, dari ½ butir kelapa
2 sdt garam
1 sdt merica bubuk
150 g taoge, buang akarnya
2 sdm bawang goreng
Daun laksa/daun kesum

Bumbu halus :
10 butir bwang merah
2 siung bawang putih
2 cm kunyit
4 butir kemiri sangrai
2 buah cabai merah
1 sdm ebi bubuk
1 – 2 sdt terasi

Cara membuat :

Seduh bihun dengan air panas hingga lunak, tiriskan. Iris tipis bakso, sisihkan. Kupas udang, buang kulit dan kepalanya. Potong tahu masing-masing menjadi 6 bagian, sisihkan.
Panaskan minyak goreng dalam wajan/panci, tumis bumbu halus. Masukkan serai, aduk hingga berbau harum. Tuangi santan, timba-timba santan hingga mendidih.
Masukkan bakso iris, udang, dan tahu. Tambahkan garam dan merica, kecilkan apinya, teruskan memasak hinga seluruh bahan cukup matang, angkat.
Penyajian : bagi bihun dalam 4 mangkuk, tambahkan taoge dan siramkan kuah panas berikut isinya. Taburi bawang goring dan daun laksa sesuai selera. Hidangkan selagi panas.

Tips :
Daun laksa atau daun kesum adalah bumbu khas yang digunakan untuk hidangan laksa. Bila tidak ada, bisa menggunakan daun kemangi, tentu saja aromanya akan sedikit berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *