Oxtail Soup a la Borobudur

Oxtail Soup a la Borobudur

Siapa yang ga doyan buntut? Ayo lempar ke mari aja, gue bersedia menampung..:-)
Selain Buntut Kuah Oregano, ini salah satu cara mengolah buntut favorit gue. Dijadiin sup buntut goreng.

Hubby doyan bangeettt. Seneng deh liat hubby makan dengan lahapnya.

Liat judulnya sih, mungkin maksudnya ala Hotel Borobudur yaaa..? Secara terkenal banget gituuuuh..
Cuma mungkin terbentur masalah hak cipta, royalty, dll… jadilah ditulis Borobudur aja :-)

Sup Buntut a la Borobudur
Source : Buku ‘a la Café’ dari Primarasa

Bahan :
750 gr buntut sapi, potong sesuai ruasnya
1 sdt garam
2.000 ml air
2 cm jahe, memarkan
1 sdm minyak goreng, untuk menumis
250 gr kentang, kupas, belah-belah
200 gr wortel, kupas, potong 2 cm
1 buah tomat, belah jadi 4-8 bagian
3 batang daun bawang, iris 2 cm
2 batang seledri, iris 2 cm
1 sdt bawang goreng
Minyak untuk menggoreng

Olesan :
½ sdm kecap manis
1 sdt garam
½ sdt merica bubuk
¼ sdt pala bubuk

Bumbu halus :
½ sdt garam
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih

Cara :

Rebus buntut dalam air hingga terendam. Setelah mendidih dan daging buntut kaku, kecilkan apinya, masukkan jahe, dan garam lalu tutup panci. Masak terus sampai buntut lunak, dan kaldu berminyak, angkat (gue pake presto, skitar 25 menit../Anne).

Keluarkan buntut dari kaldunya, sisihkan. Saring kaldu, ukur sebanyak ± 1.500 ml, bila kurang, tambahkan air panas secukupnya. Campur bahan olesan menjadi satu kemudian olesi buntut dengan bahan olesan, taruh dalam wadah, sisihkan.

Panaskan 1 sdm minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu halus sampai harum, masukkan ke dalam panci berisi kaldu. Jerangkan diatas api, didihkan, masukkan kentang dan wortel. Masak terus hingga bahan matang, masukkan tomat, daun bawang, dan seledri.

Panaskan minyak goreng dalam wajan, masukkan buntut ke dalam minyak panas, goreng sampai agak kering dan kecoklatan, angkat, tiriskan.

Penyajian : taruh buntut goreng dalam piring saji. Dalam mangkuk terpisah, tuang sup, taburi bawang goreng. Hidangkan selagi buntut dan kaldu masih panas.

Untuk 4 porsi.

12 thoughts on “Oxtail Soup a la Borobudur

  • March 28, 2007 at 2:12 pm
    Permalink

    mau banget buntut, itu kesukaan kami. tapi sayang disini gak ada mbak. Kalo pingin makan daging yang ada tulangnya (halal)kita mesthi order ke Tokyo/Fukuoka dulu. Sedih deh…sudah hampir 2 tahun gak makan buntut..

    Reply
  • March 29, 2007 at 3:23 pm
    Permalink

    Anisa, duh sedih bgt, 2 tahun kan lama banget bo..:-)
    Yuk ah pulang dulu ke Indo, ntar kita bikin2 bareng2 yuk hihi..:-)

    Reply
  • March 29, 2007 at 11:47 pm
    Permalink

    hmmm..sop buntut emang enak ;D hubby ku anti buntut, biasanya sih aku pake daging biasa aja hehehe…

    Reply
  • March 30, 2007 at 1:11 am
    Permalink

    Mba Eliza, yoi, emang sedap bangett.Knp ya makanan lezat sering tidak sehat?hehe. Salam Mba..:-)

    Reply
  • April 13, 2007 at 2:41 pm
    Permalink

    Anne, ketemu resep ini waktu googling resep sup buntut a la Borobudur. Aku udah bikin tapi nyontek yg bagian olesannya ajah, memang rasanya jadi lebih mantap yah. Kalau utk kuahnya cuma pake resep cemplung2 dgn bumbu2 : pekak, kayumanis, cardamon, cengkeh dan enak juga utk yg lagi males bikin bumbu halusnya. Ma’ kasih yah resepnya :)

    Ambar
    celina-schonhowd.blogspot.com

    Reply
  • April 13, 2007 at 2:46 pm
    Permalink

    Hai Mba Ambar, wah pasti jago masak nih..mau dong dikasi resep andalannya :-) Salam kenal ya Mba. Sama-sama, makasi juga..;-)

    Reply
  • August 24, 2008 at 8:42 am
    Permalink

    mba. buntu sebelum diolah perlu ada penanganan khusus ga ya? apa langsung cuci bisa langsung diolah? maap ya mba, pertanyaannya aneh2.belum pernah masak buntut soalnya
    Thx

    Reply
  • September 8, 2008 at 7:41 am
    Permalink

    Ayu, setelah dicuci langsung diolah ga papa kok. Apalagi kalo beli di Carrefour dan sejenisnya, kan udah dipotong2 dan bersih. Buntut biasanya aku presto say, biar cepet empuk.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *