Apple & Raisin Creme Brulee

Apple & Raisin Creme Brulee, nan gagal..

Ini postingan yang kalo dibuang sayaanggg..walopun gagal, tetep gue posting..kan bisa jadi pelajaran buat yang lain hehe..
Ga tau kenapa tuh, penampakan cream brulee-nya kok aneh ya..’pecah’ kali ya krim kentalnya..ato kelamaan diaduk..nga ngerti deh.Ini pertama kali bikin cream brulee soalnya..
Yang penting, share resep dong..ya kan..?
Dari duluuu sebenernya pengen bikin cream brulee. Gue emang penggemar susu dan hasil olahannya. Susu, keju,krim, dll. Pokoknya yang creamy dan milky hihi. Nyamm nyamm nyamm…
Daripada bikin cream brulee biasa, akhirnya gue pilih resep yang ada buahnya. Supaya ada rasa asam segar buat ngimbangin rasa creamy itu. Jadilah yang ini. Enjoy..!
Crème Brulee Apel & Kismis
Source : Buku ‘Menu Istimewa Hidangan Penutup’ dari Primarasa (Femina)

Bahan :
450 gr apel manis, kupas dan cincang
2 sdm air jeruk lemon
25 gr kismis
600 ml krim kental
1 cm kayu manis
3 kuning telur
50 gr gula pasir
4 sdm gula palem

Cara membuat :

Taruh apel cincang, air jeruk lemon, dan 4 sdm air dalam panci. Masak diatas api kecil, sambil diaduk selama 15 – 20 menit sampai apel hancur. Masukkan kismis ke dalamnya, aduk sebentar,angkat. Bagi adonan sama rata dalam 4 -6 mangkuk cetakan.
Masak 450 ml krim bersama kayu manis diatas api kecil sambil diaduk-aduk sampai mendidih, angkat. Tutup wadah dan sisihkan selama 10 menit, keluarkan kayu manis, buang.
Kocok kuning telur dan gula pasir sampai warnanya pucat, lalu masukkan sisa krim, aduk kembali sampai tercampur. Campurkan krim yang dipanaskan tadi ke dalamnya, masak sambil diaduk diatas api sedang selama 15 menit sampai mengental.
Masukkan segera adonan ke dalam cetakan berisi campuran apel. Sisihkan sampai agak dingin, taburi permukaannya dengan gula palem.
Panggang dalam oven dengan menggunakan api atas pada suhu tinggi selama 2 -3 menit, atau sampai gula meleleh dan menggelembung di atasnya, keluarkan dari oven. Setelah dingin, masukkan ke dalam lemari es selama 1 jam sebelum dihidangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *