Ayam Bakar Kecap

Ayam Bakar Kecap

Di majalah Sedap edisi 1/VIII/2007, memuat beberapa resep ayam bakar. Ada ala Jepara, ala Sumatra Utara, ala Padang, Madura, dll. Wah pengen bikin deh. Jatuhlah pilihan pada ayam bakar kecap ini. Secara dah pernah bikin yang pedas manis, dan hasilnya bener-bener tidak mengecewakan.

Hasilnya..hmm enak juga..tapi blom bisa ngalahin ayam bakar pedas manis ituuu…:-)

Ayam Panggang Kecap (Jawa)
Source : Majalah Sedap edisi 1/VIII/2007

Bahan :
1 ekor (900 gr) ayam, potong 4 bagian
1 sdt asam jawa dan 1 sd air
4 sdm kecap manis
2 sdt garam
½ sdt gula pasir
400 ml air
½ sdt air jeruk nipis
2 sdm minyak utk menumis

Bumbu halus :
3 buah cabe merah
10 butir bawang merah
3 siung bawang putih
¼ sdt merica
4 butir kemiri, goreng

Cara membuat :
Lumuri ayam dengan air asam dan ½ sdt garam. Diamkan 20 menit.
Tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan ayam. Aduk sampai berubah warna.
Masukkan air, kecap manis, garam, dan gula pasir. Masak sampai mendidih.
Tambahkan jeruk nipis. Masak sampai bumbu meresap.
Panggang ayam sambil dilesi dengan sisa bumbu.

7 thoughts on “Ayam Bakar Kecap

  • January 27, 2007 at 3:23 pm
    Permalink

    ya ampun Ne, pagi2 gue buka blogmu liat ayam goreng haduuh.. langsung nih melilit2 kelaperan! haha.. tapi punyanya cuma nasi panas sekarang.. pake kecap aja deh.. makannya sambil merem ayamnya dibayangin aja punya Anne nih sedap bener tampangnya.

    Reply
  • January 28, 2007 at 4:38 am
    Permalink

    Anne..foto2ku masih banyak kekurangannya! kadang sebel deh…aku pake kamera kecil, Sony DSC-P200. Cukup bagus, tapi macro lens-nya kurang dan gak sama seperti manual camera ya. Aku masih nabung nih buat beli yg canggih :)
    Wiken ini memang di rumah aja…masak & bikin cheesecake 😛

    Reply
  • January 29, 2007 at 4:54 am
    Permalink

    Dear Wuweili, thanks for dropping by n for sharing the informations..:-)

    Reply
  • January 29, 2007 at 4:56 am
    Permalink

    Oni, thanks Ni..hehe..sedih nian cuma ngebayangin doang. Hayuk kpn2 akyu bikinin hehe sayang jauh ya..

    Reply
  • January 29, 2007 at 4:58 am
    Permalink

    Mba Eliza, hasil photonya bagus2 lho..aku suka deh..:-) Cheesecake..?Aduuhhh menggoda banget tuh..:-)

    Reply
  • December 12, 2007 at 11:12 am
    Permalink

    dear Andrie Anne…
    saya Sheila Jkt, kerja di sebuah agency,
    lagi riset ttg kecap nih, jadi mampir deh di blog ini…
    kalau boleh, saya mau tanya2 dikit tentang kecap kesayangan para ahli masak…
    contact me if you’re interested ya…
    email, YM ID saya imelnyasheila@yahoo.com
    hape 08170970052
    thanks before

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *