Bihun Berkuah

Bihun Berkuah

Pengen yang berkuah bening. Tadinya sih pengen bikin ramen gitu, tapi ga punya resepnya. Ya udah bikin yang ini aja, gampang dan cepat. Segerr deh..:-)

Oya, hoaaa sedih deh, tadinya kan gue sempet girang banget karena dipinjemin camera Olympus ama adikku..sempet deh 2 bulanan gitu dirumah. Tapi..hoaaa sekarang dah diminta pulangin hoaaa. Terpaksa deh gue kembali ke camera Kodak ‘ala kadarnya’ gue itu, hiks..
Bihun Berkuah
Source : Bonus Majalah Femina Januari 2007

Bahan :
150 gr bihun kering, seduh
150 gr wortel, iris korek api, rebus
60 gr taoge, seduh
5 batang kucai, potong 3 cm
3 sdm bawang putih iris tipis, goreng untuk taburan

Bahan kuah :
1.500 ml air
2 blok kaldu ayam
6 siung bawang putih, goreng, memarkan
200 gr udang, buang kulit dan kepala, sisakan ekornya
1 sdm kecap Jepang
½ sdt merica bubuk
½ sdt gula pasir
2 sdt garam
12 buah bakso ikan, belah dua
6 buah bakso udang, belah dua
6 buah crab stick, potong 3 cm
2 sdt minyak wijen
1 batang daun bawang, potong 1 cm

Cara membuat :
Kuah, didihkan air. Masukkan kaldu ayam, bawang putih, udang, kecap Jepang, merica bubuk, gula pasir, dan garam. Masak sampai mendidih.
Tambahkan bakso ikan, bakso udang dan crab stick. Masak sampai matang. Menjelang diangkat, masukkan minyak wijen dan daun bawang. Aduk rata.
Tata bihun. Tabur wortel dan taoge. Tuang kuah. Tabur kucai dan bawang putih goreng. Sajikan.

Untuk 6 porsi.

P.S. Bihun yang sudah diseduh, akan mengering setelah dibiarkan lama. Karena itu kuah harus panas sekali.

4 thoughts on “Bihun Berkuah

  • January 17, 2007 at 3:20 am
    Permalink

    ngileerr..mo langsung bikin ah, malem ini…thx idenya yaaa…

    Reply
  • January 17, 2007 at 3:27 am
    Permalink

    Sedap bener tampangnya.. dijamin bikin perut anget ya Ne.

    Eh tp itu brokus koq kalo udah dikeluarin jadi collapse yah.. langsung kempessss.. hehehe…

    Mgn yearbook.. aduh ga usah dipikirin deh dan ga usah pake bales dendam ya!.. ntar aku titipnya ama suami. Km tinggal daerah mana ya Ne.. ntar ambil di Sudirman yah (mungkin Le Meridien) ntar aku kasih tau tglnya deh.

    Reply
  • January 17, 2007 at 3:38 am
    Permalink

    Mba Oni, brokus collapse..? Aku ga tuh Mba. Mungkin ketika mengaduk tlalu cepet kali Mba..:-)
    Yearbook..?Hehehe. Sip Mba.Aku tinggal di Kuningan, Jaksel. Deket deh ke Sudirman. Cihuuyyy..:-)

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *