Ayam Bakar Pedas Manis


Ini dia ayam bakar favoritku. Di buku sih ga disebutin kalo ini ayam bakar Ganthari. Tapi rasanya samaaa deh. Soale judul bukunya ‘Jajanan Jakarta’. Nah, ayam bakar di Jakarta yang terkenal kan Ganthari..apalagi ya yang laen? *mikir dulu..apa ya..?* Yang jelas rasanya itu lho..sama..
Alhamdulillah, setelah sekian lama mencari-cari resep ayam ini, akhirnya dapet juga. Akhirnya gue ada ‘andalan’ juga kalo diajakin barbeque. Hehe..siapa takuutt??

Trus hehe saking semangatnya memotret ayam bakar hasil karya sendiri ini, lupa deh ama sambal tomatnya. Soalnya yang bikin si Mba hehe..jadi sambalnya ga ikut ke potret.

Buat teman-teman yang mungkin blom pernah nyobain ayam bakar Ganthari, ini resep yang patut dicoba. Mungkin bisa dijadikan resep andalan untuk berdagang. Rasanya..aduuhh, enaakkk deh. Cobain yahh..

Makin banyak olesannya, makin sedap. Kulit ayamnya jangan dibuang ya. Apalagi dibakar beneran dengan arang. Wanginya..hmmm. Kalo gue cuma pake bakaran yang diatas kompor itu lho hehe itu aja udah enaakk 🙂

Hari itu suamiku ampe makan siang 3 kali lho..yg pertama, di tempat meeting (jam 11 siang). Yang kedua, nyampe rumah (jam 12.15), liat ada ayam bakar, makan lagi. Yang ke tiga, (jam 3 sore) mampir ke rumah bentar, eh makan lagi..whoaaaa…

Ayam Bakar Pedas Manis
Source : Buku ‘Jajanan Jakarta’ dari Primarasa

Bahan :
1 ekor (800 gr) ayam
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt merica bubuk
1 -2 sdt garam
2 lembar daun salam
2 batang serai, memarkan
± 500 ml air kelapa

Olesan :
50 gr cabai merah, potong-potong
3 siung bawang putih
½ sdt garam
2 sdm minyak goreng
2 sdm gula merah sisir
1 sdm kecap manis
200 ml air

Sambal tomat :
2 sdm minyak goreng
8 buah cabai merah, potong-potong
5 buah cabe rawit
3 butir bawang merah
1 buah tomat
2 sdt terasi bakar
1 sdt garam
2 sdt gula merah sisir

Cara membuat :

Potong-potong ayam menjadi 4 bagian. Haluskan bawang merah, bawang putih, merica, garam. Lumuri ayam dengan bumbu halus, sisihkan sedikitnya 30 menit agar bumbu meresap.
Taruh ayam dan bumbu perendam dalam wajan, tambahkan daun salam, dan serai. Tuangi air kelapa, masak hingga mendidih, kecilkan apinya. Tutup wajan, masak hingga air habis dan ayam matang. Jaga jangan sampai ayam hancur, angkat.
Olesan : Haluskan cabai merah, bawang putih, dan garam. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Masukkan gula merah, kecap manis, dan air. Masak hingga bumbu benar-benar matang, angkat.
Panaskan pemanggang di atas api, taruh ayam di atasnya. Panggang ayam sambil dibalik-balik dan diolesi bumbu olesan hingga harum dan berwarna kecoklatan, angkat.
Sambal tomat : panaskan minyak goreng dalam wajan. Masukkan cabai merah, cabe rawit, bawang merah, tomat, dan terasi. Tumis hingga matang dan tomat lunak, angkat. Taruh diatas cobek, tambahkan garam dan gula merah, haluskan.
Taruh ayam bakar di atas piring saji, hidangkan selagi hangat dengan pelengkap sambal tomat.

16 thoughts on “Ayam Bakar Pedas Manis

  • December 20, 2006 at 2:01 am
    Permalink

    Duuh…si mas laper apa doyan…hehehe….Tante gw yg punya punya catering di Sukabumi, ayam bakarnya muantaaff bgt… Ntar kalo gw dpt resepnya gw share ya….
    Ne, cupcake -nya Jasmine sampe hari minggu gak boleh dimakan ma Alif….kata Alif, “Nanti benderanya rusak kalo dimakan….” hehehe

    Reply
  • December 20, 2006 at 2:24 am
    Permalink

    Hi Mba Rini, menurut aku sih air kelapa jgn diganti Mba, ntar rasanya laen deh. Menurut aku lho Mba..

    Reply
  • December 20, 2006 at 2:25 am
    Permalink

    Vit, wah boleh tuh resep Tante yg di Sukabumi. Hehe Alif lucu bgt. Kalo mau bendera lagi, Tante kasi dehh hehe 🙂

    Reply
  • December 21, 2006 at 5:22 am
    Permalink

    ?duh, pengen nyoba buat deh week ens ini. btw, ikut kursus DB yang tagl 13 januari itu kah>

    Reply
  • December 21, 2006 at 6:09 am
    Permalink

    Hi Ky..hoaaa jgn sedih ya say ditinggal suami ke India. Didoain semua lancar, Amin. Btw ada apakah tgl 13 Jan? Dirimuh ikutan?

    Reply
  • December 21, 2006 at 6:44 am
    Permalink

    Weleh, asik bener makan siang bisa mampir ke rumah.. makin semangat dong si Anne masak kalo tiap hari bisa makan sm suami..

    Reply
  • December 22, 2006 at 6:50 am
    Permalink

    Mba Fiona, yoi..dia mah kantor ama rumah selemparan k***r, hehe mo pulang juga cuma 10 menit..:-)

    Reply
  • December 23, 2006 at 3:42 am
    Permalink

    kapan2 aku mau coba, makasih resepnya ya Anne.

    Reply
  • September 2, 2007 at 8:47 am
    Permalink

    duhhhhh nih resep bener2 hrs dicoba….
    makasih yah..blog mu bener ngobatin rasa kangenku sama masakan indonesia

    Reply
  • May 8, 2008 at 2:07 pm
    Permalink

    mba anne ak link yah blognya seneng deng dgn resep2 rumahannya. thanks ya

    Reply
  • May 9, 2008 at 6:02 am
    Permalink

    ichaawe, iya Mba..kangennya mudah2an ilang deh setelah nyicipin ayam bakar ini 🙂 Makasi juga Mba..

    Reply
  • May 9, 2008 at 6:09 am
    Permalink

    Mega, silakan. Aku ga bisa buka blog Mega. Linknya malah ke WordPress Sign up. Anyway, makasi ya Me:-)

    Reply
  • November 20, 2008 at 11:29 am
    Permalink

    mba ma kasih yah resepnya…
    doakan sukses hehehe
    baru mau coba nih

    mba air kelapanya tuh air kelapa tua yang biasa buat parut kan?
    berapa banyak mba? sampai kerendem gitu?
    ga dicampur sama air putih kan mba?
    thanks

    Lea

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *