Lasagna

Salah satu kegemaran akyu. Kayaknya harus bisa bikin sendiri deh. Coba-coba ahh. Trus liat diresepnya, pake mozzarella. Waaahhh pasti enyyaakkk nih.

Begitu jadi, kata suamiku “Enaakk sih, tapi ga seenak lasagna di kantin RS. MMC”.
Emang sih, lasagna di kantin RS. MMC itu enaakkk bangett. Kayaknya sih saus keju-nya dibanyaaakinnn gitu. Mungkin juga ada rahasia lain kali ya. Gue coba tanya resepnya, eh ga dikasi tau lho, rahasia katanya. Aduuhhh..

Btw semua makanan di kantin itu enaakk semua. Mulai dari risoles, brokoli kentang panggang, lasagna, pastel, kroket, dll. Walo harganya lumayan mahal untuk ukuran kantin (risoles sekitar 4500 rupiah ), tapi ya dijamin puas deh.

Ada yang tau rasa lasagna tersebut? Dan tau resepnya? Bagi doongg…:-)

Untuk sementara (hehe menghibur diri), ngabisin yang ini dulu aja deh. Enaakk juga kok.

Dibuku, resepnya berjudul Mini Lasagna, karena ditempatin di beberapa loyang kecil. Biar simple, gue tempatin di satu loyang gede aja. Gue bikin cuma ½ resep, trus gue pake loyang ukuran sekitar 20 x 20 cm.

Mini Lasagna
Source : Buku ‘A la Café’ dari Primarasa

Bahan :
200 gr (± 8 lembar) lasagna kering
200 gr keju mozzarella parut
50 gr keju parmesan parut

Saus daging :
2 sdm margarine
1 siung bawang putih, cincang
100 gr bawang bombai, cincang
500 gr daging sapi cincang
500 gr tomat, seduh air mendidih, kupas, cincang
170 gr pasta tomat
200 ml air
1 ¼ sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 sdt oregano bubuk
¼ sdt basil bubuk
2 ½ sdt gula pasir

Saus keju :
60 gr margarine
60 gr tepung terigu
700 ml susu cair
150 gr keju cheddar parut
½ sdt merica bubuk
¼ sdt pala

Cara membuat:
Didihkan 2.000 ml air dalam wajan, tambahkan 1 sdm minyak goreng dan lasagna, masak selama ± 15 menit atau sesuai petunjuj dalam kemasan, angkat, tiriskan. Panaskan oven pada suhu 180 º C.

Saus daging : Panaskan margarine, tumis bawang putih dan bawang bombai sampai layu. Masukkan daging cincang, aduk sampai warnanya berubah, masukkan tomat cincang, pasta tomat, dan air. Tambahkan garam, merica, oregano, basil dan gula. Masak dengan api kecil sampai kental, angkat.

Saus keju : Panaskan margarine diatas api kecil atau sedang, masukkan tepung terigu, aduk sambil tuangi susu sedikit demi sedikit. Setelah adonan licin, masukkan keju, merica, dan pala, aduk rata, angkat.

Siapkan 4 buah loyang tahan panas atau loyang aluminium ukuran 11 x 16 x 4 cm, alasi dengan kertas aluminium, lalu olesi margarine.Taruh selembar lasagna di dasar loyang, tambahkan saus daging, dan saus keju diatasnya, ratakan. Lapisi lagi dengan lasagna dan bahan lainnya dengan urutan yang sama. Paling akhir, taruh lasagna di atasnya.

Taburi keju mozzarella dan keju parmesan diatasnya. Masukkan loyang ke dalam oven yang sudah dipanaskan, panggang selama ± 20 menit, angkat. Sajikan dan nikmati lasagna selagi hangat.

Untuk 4 porsi.

8 thoughts on “Lasagna

  • November 30, 2006 at 2:17 am
    Permalink

    Ne, aku kl lasagna suka pake munster dan provolone cheese juga… provolone enak.. asin dan gurih kl dipanggang.

    Reply
  • December 2, 2006 at 1:22 pm
    Permalink

    sama dong sama kantin RSPI, makanannya enyak enyak. Yg ada kalo ke RS lupa berobat, malah asik asik makan 😀

    Reply
  • December 6, 2006 at 9:34 am
    Permalink

    ooh.. ya kl pas liat ngkali ya Ne.. provolone baunya kenceng kayak parmesan gt. Kl munster mulur tp ngga se’permen karet’ mozarella.

    kayaknya aku mau niii.. ketemu anne dan dita kopdar di kantin RS kl ke Jkt 😀 :D.

    Reply
  • October 19, 2007 at 10:36 am
    Permalink

    waaah, sama dunk ya, saya juga pas ngidam lasagna kemaren trus mesen dari PH ternyata gak seenak lasagna di rumah sakit, bedanya kalo saya gemar lasagna di RS Azra Bogor… btw, kalo udah nemu resep lasagna RS MMC nya, diposting jgn lupa ya…thx b4

    Reply
  • October 20, 2007 at 7:05 am
    Permalink

    Ummu, blom dapet tuh resepnya. Makanan di kantin rumah sakit seringkali enak2 yaaa..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *