Ayam Gagape

Temans, akyu posting yang ini dulu ya. Sembari menanti resep meringue selesai gue ketik :-)

Sebagai penggemar ayam, pengen juga nyobain ayam versi daerah Makassar ini. Unik, soalnya pake kelapa parut sangrai. Beli jadi aja, ga usah repot-repot memarut dan menyangrainya. Udah banyak kok tersedia di supermarket:-)

Waktu memasak ini, gue lagi puasa. Jadi yang kebagian tugas nyicipin, si Mba yang lagi ga puasa. Gue dah penasaran banget, gimana ya rasanya..
Ternyata..hmmm lumayan, gurih dan ‘beda’ deh ..boleh dicoba sebagai tambahan variasi menu.

Ayam Gagape (Khas Makassar)
Source : Buku ’52 Resep Sedap Hidangan Lebaran’ dari Femina

Bahan :
1 ekor (1 kg) ayam buras, cuci bersih, potong-potong menjadi 12 bagian
1 bh jeruk nipis, ambil airnya
200 ml air
1 btg serai, ambil bagian putihnya, memarkan
3 cm lengkuas, memarkan
2 lbr daun salam
3 cm kunyit bakar, haluskan
2 sdm minyak, utk menumis
6 butir bawang merah, haluskan
4 siung bawang putih, haluskan
750 ml santan kental dari 1 butir kelapa parut
1 ½ sdt garam
1 sdt gula pasir
½ butir kelapa parut, sangrai hingga kering

Cara membuat :
– Lumuri ayam dengan air jeruk nipis hingga rata,diamkan selama 30 menit. Cuci bersih.
– Masak ayam bersama air, serai, lengkuas, daun salam, dan kunyit hingga setengah matang danmengering, angkat. Sisihkan.
– Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan ayam dan santan, aduk rata perlahan agar santan tidak pecah.
– Tambahkan garam, gula, dan kelapa sangrai, aduk rata hingga semua bahan matang.
– Angkat. Sajikan.

Note : Tambahkan jumlah kelapa sangrai jika ingin mendapatkan kuah ayam yang lebih kental dengan citarasa yang lebih gurih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *