Dendeng Lambok ala Nyokap Anne

Computer gue masih di ‘rumah sakit’, sembari menanti dia pulang, gue posting aja dulu yang ada di computer laki gue ini ya. Ini yang gue buat belakangan, setelah pulang dari libur Lebaran deh :-)

Balik ke masakan ya. Liburan kmaren, waktu nyokap masak ini didapur, gue sempet ngintip bumbu-bumbunya. Oh kok kayaknya simple banget. Ga macem-macem. Tapi enyaaak.

Nyampe Jakarta gue praktekin deh. Kira-kira begini deh resepnya.

Dendeng Lambok ala Nyokap Anne

Bahan :
500 gr daging sapi, diiris setebal kira2 1 cm, panjang dan lebar kira2 4 cm.
5 siung bawang putih, dihaluskan
2 sdm air asam Jawa
1 sdt garam
5 sdm cabe merah giling
5 siung bawang merah, diiris-iris
5 siung bawang putih, diiris-iris
1 buah tomat, diiris-iris
3 batang daun bawang (ambil batang putihnya saja), dipotong 2 cm.
1 buah jeruk nipis, ambil airnya
Gula secukupnya
Air kurleb 1 liter,untuk merebus daging
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat :
Rebus daging dengan bawang putih halus,air asam Jawa dan garam. Rebus hingga empuk, kurleb 30 menit. Setelah empuk, matikan api. Keluarkan dagingnya. Pukul-pukul dengan pemukul daging hingga pipih. Kemudian digoreng hingga agak kehitaman, tapi jangan sampe kering ya.

Kemudian ambil sedikit minyak bekas menggoreng daging. Gunakan untuk menumis bawang merah dan bawang putih. Setelah harum, masukkan cabe merah giling, air kaldu daging hasil merebus daging tadi,tomat, daun bawang, air jeruk nipis dan sedikit gula. Masak hingga cabe matang.

Setelah cabe matang, masukkan daging yang telah digoreng tadi. Aduk hingga rata. Siap dihidangkan.

Oya sebelum kelupaan, Dendeng Lambok itu artinya Dendeng Basah. Kalo mau lebih kumplit lagi, masakan ini bisa disebut Dendeng Basah Balado :-)

4 thoughts on “Dendeng Lambok ala Nyokap Anne

  • November 20, 2006 at 7:49 am
    Permalink

    mesti nyoba nih..secara di batam ada tukang daging yang mau di pesenin daging dendeng (kita beli dah di iris dendeng gitu)..
    moga2 cepet sembuh ya pc mu

    Reply
  • November 20, 2006 at 7:52 am
    Permalink

    Hi Ta..iya, Ta. Dendeng ini enyakk lho, buat penggemar masakan Padang tentunya. Thx say :-)

    Reply
  • November 23, 2006 at 1:49 pm
    Permalink

    lho….mbak Anne ini orang mana sih? Padang ya? Habis kok tau yg namanya “Dendeng Balado” gitu… Kalo iya, sama dong kayak aku, Padang juga.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *