Prol Durian

Siapa yang ga doyan durian? Aduuh sayang bangeett. Bukannya itu buah enyak bin surenyak? Bahkan buat sebagian orang, buah ini dikategorikan buah dari surga hehe. Ibu temenku punya resep modifikasi klapertaart durian, n dia menyebutnya ‘Kue Surga’. Kue Surga ini amatt sangaat terkenal di kompleks tempat tinggal kita dulu. Saking enaknya. Too bad, ampe sekarang gue belum dapet resepnya *hiks*.Trus Mba Riana PennyLane bilang, kalo makan buah ini, dia merasa dah ada di surga hehe..ga percaya?

Nah ini satu lagi jenis makanan dari buah durian. Namanya Prol Durian. Kbetulan pulang dari Palembang kmaren, maksa bawa buah durian, lumayan 10 buah gede2. Dikupas, ambil dagingnya (berikut biji), masukin toples. Dibungkus rapat. Ditaburin kopi juga diluarnya. Trus dibungkus lagi, ampe berlapis-berlapis. Nyampe airport, eehh masih ketauan aja tuh ama pihak airlines. Untungnya diizinin, dengan syarat kemasannya harus disemprot parfum, yang banyak. Jadilah kemasan yang atu itu wangiii deh, hehe.

Ini resepnya..lumayan, buat santai-santai nontonin infotainment hehe..

Prol Durian
Source : Buku ‘Olahan Lezat Buah’ dari Primarasa (Femina)

Bahan :
250 gr daging buah durian
25 ml susu cair
175 gr tepung terigu
25 gr tepung maizena
½ sdt baking powder
250 gr mentega, tawar
200 gr gula pasir
8 kuning telur
4 putih telur

Cara membuat :
Panaskan oven pada suhu 180ºC. Olesi loyang persegi ukuran 22 x 22 x 7 cm dengan mentega. Alasi dasar loyang dengan kertas roti yang sudah dioles mentega.
Lumatkan daging durian hingga halus, campur dengan susu, aduk, sisihkan. Campur tepung terigu, tepung maizena, dan baking powder menjadi satu, ayak, sisihkan.
Kocok mentega dan gula dengan menggunakan mixer berkecepatan tinggi hingga adonan lembut dan mengembang. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok terus hingga rata, angkat mixer.
Masukkan tepung secara bertahap sambil diaduk dengan spatula. Setelah rata, masukkan bahan durian, aduk.
Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan permukaannya. Masukkan ke dalam oven, panggang selama ± 45 menit atau sampai kue matang, angkat. Diamkan sebentar sampai agak dingin, keluarkan dari loyang. Potong-potong. Sajikan.

Untuk 16 porsi.

7 thoughts on “Prol Durian

  • September 19, 2006 at 3:31 am
    Permalink

    Kurang ajjjiaaar… Lagi pengen banget camilan, tiba-tiba baca ginian…

    Reply
  • September 19, 2006 at 3:47 am
    Permalink

    Anne .. sori kok kita gak jadi2 ya bikin kue surga nya …
    Padahal kemaren Sabtu itu Mami bisa lho, tapi Ool bangunnya kesiangan, trus lupa aja, malah nyantei2 di rumah …

    Aduh kapan yaaa …
    Ntar Ool tanya dulu Mami weekend depan masih ada gak di Jakarta, kalo gak pokoknya biar Ool print resep nya buat Anne.

    Hari apa ya minggu lalu, Mami sempet ngajarin Mbak Amie, mo manggil Anne tapi karena Mbak Amie gak ngasih tau duluan, tau2 udah beli bahan2, gak jadi deh Ne.
    Ool aja taunya udah pulang kerja kok ada kue surga di rumah … :(

    Tapi untung juga kemaren Anne gak ikutan, rasanya tidak enak seperti biasa kata Mami, soalnya duriannya kurang … kurang apa gitu kata Mami, tapi ya lumayan lah … 😀
    Ool sih gak nyicip Ne, Ool gak suka Durian :p

    Lam kangen buat Jasmine,
    Tante Ool

    Reply
  • September 19, 2006 at 4:05 am
    Permalink

    Ool..naaaaah ini dia nyang punya resep..ntar ditagih rame2 lho..hehe..makasi Ol..Love U..mmuahh..

    Reply
  • September 19, 2006 at 6:02 am
    Permalink

    dureeenn……

    eh bu, temen kos aku kan pada ga tau kalo aku ga tahan bau stroberi. trus ada yang bawa stroberi segar gede2, ketok kamarku. pas kubuka, dengan polos dia nawarin en tu stroberi persis di idungku….

    bayangin dong gimana selanjutnya. dunia terasa berputar.

    tapi kalo duren, berapa butir juga aku jabanin deh

    Reply
  • September 19, 2006 at 12:41 pm
    Permalink

    Nyam..huahaha geli deh bacanya. Kacian bgt yang lagi sakit. Lain kali ditulis deh didepan pintu ‘Strawberry not allowed’ gitu hehe

    Reply
  • November 14, 2006 at 4:04 am
    Permalink

    aku termasuk org gak doyan makan durennya doang. kalo dijadiin kue atau camilan sih doyan…:D
    keliatannya enak banget ini prol durian

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *