Pelecing Kangkung

Aduuh akhirnya gue tergoda juga ama yang namanya terasi. Secara tadinya gue dah bertekad ‘Say No to Terasi’. Abis mendengar cara bikinnya itu loh yang bikin ga tahaaann. Tapi semenjak ada terasi keluaran ABC, mulai ngelirik-lirik sih. Apalagi lagi pengen bikin Pelecing Kangkung. Ga pake terasi, kurang sedap kali ya..ya sutralah..akhirnya gue mengalah juga (mengalah ama siapa?)..
Suamiku juga ternyata doyan banget lho.Tapi dia ga tau itu sambel ada terasinya (ga nanya siiyy hehe) . Jangan bilang-bilang ya..

Pelecing Kangkung
Source : Buku ‘Masak Apa?’ (seri 1) dari Yasaboga

Bahan :
500 gr kangkung, buang sebagian tangkai bagian bawah, biarkan utuh, ±15 cm
1 bh jeruk limau, peras airnya

Bumbu dihaluskan :
5 bh cabe merah, tusuk dgn lidi, bakar sebentar
10 bh cabe rawit, tusuk dgn lidi, bakar sebentar
5 bh kemiri, goreng
2 sdt terasi matang
Garam dan gula pasir sesuai selera

Cara membuatnya :
Rebus kangkung hingga matang, tiriskan, lalu tata pada piring saji. Tuangkan kalo ada ± 2 sdm minyak bekas menggoreng (jelantah) ke bumbu halus, aduk rata.
Beri garam, gula pasir, dan air jeruk sesuai selera, tuang ke atas kangkung rebus.
Sebagai variasi, kangkung bisa diganti dengan kecipir/buncis/jagung muda/labu siam.

2 thoughts on “Pelecing Kangkung

  • August 2, 2006 at 10:47 am
    Permalink

    kenapa ga suka terasi mbak? duh baunya aja dah bikin laper…kruyuk kruyuk…

    jadi inget kalo lagi ke kampung nenek di lamongan. kalo dah ada bau ikan asin+terasi, itu pertanda rumah nenek dah deket…he he he. pinggir laut gitu…..

    Reply
  • August 4, 2006 at 4:26 am
    Permalink

    Cara bikinnya say yg katanya jorse. Jadi takuuttt..tp yg pabrikan model ABC mudh2an ngga ya..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *