Kepiting Saos Padang ala Sedap Wangi 89 Medan

Kepiting Saos Padang ala Sedap Wangi 89 Medan




Punten..punten..kepiting lagi, jangan bosen yah..ada request soale..hehe..

Ini dia favorit gue so far untuk kepiring saos padang. Jangan lihat penampakannya yang kurang ocre. Karena ada kesalahan teknis hehhe tapi soal rasa hmmm ga nyesel dehh..

Kesalahan teknisnya adalah hmmm jangan diketawain yah? Saking nafsu n buru-buru mode on, si telur kocok eh ikut dicampur ama bumbu-bumbu hehe jadilah bentuknya kurang afdol bgini..hehe..foto juga a la kadarnya, dah ga semangat deh motretnya hehe tadinya rencana malah bo bikin lagi, tapi ya sutra lah ..next time ajah..

Ntar kalo bikin lagi, jangan lupa yah telur kocoknya dipisah, dimasukin belakangan alias satu demi satu tuh bumbu dimasukin ke wajan. Bukan dicampur di dalam mangkuk bersama bumbu-bumbu lain hahahaha itu kesalahan chef amatir seperti gue hehehe maklum, dah nafsu berat, pengen cepet hehehe asyik ngeles aja..

Bumbu-bumbu gampang didapat semua. Trus bumbu penyedap gue skip, seperti biasa ga pernah pake bumbu penyedap seperti Ajinomoto, Sasa, dll dirumah. Rasanya tetep enak kok.
Resep ini bisa jadi resep andalan gue nih..asyikkk…

Kepiting Saos Padang ala Sedap Wangi 89 Medan
Tabloid Info Kuliner edisi 03, Oct 2007

Bahan :
2 ekor kepiting telur/jantan
4 sdm saus tiram
5 sdm saus tomat, siap pakai
3 sdm saos sambal, siap pakai
150 ml air (kaldu seafood)
1 sdt merica bubuk
½ sdt garam
½ sdt penyedap rasa
1 batang batang daun , iris serong tipis
½ buah bawang bombay, iris tipis
1 sdt gula pasir
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
1 ltr air untuk merebus
5 sdm minyak goreng
1 buah telur yang telah dikocok

Bumbu yang dihaluskan :
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
5 buah cabe rawit merah, tumis sampai layu
2 cm jahe
1 ruas kunyit, bakar
3 buah kemiri, sangrai
2 sdm cabe merah giling, siap pakai

Cara membuat :
1. Bersihkan kepiting. Siapkan panci lalu rebus kepiting hingga matang dan berubah warna menjadi oranye, angkat. Belah sesuai sisi.
2. Siapkan wajan. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus bersama bawang bombay, daun salam, dan daun jeruk hingga harum.
3. Masukkan kepiting dan sisa semua bahan termasuk kocokan telur, aduk rata. Masak hingga bumbu menyerap dan kuah mengental. Angkat

7 thoughts on “Kepiting Saos Padang ala Sedap Wangi 89 Medan

  • February 29, 2008 at 12:08 pm
    Permalink

    Cuman satu kata mba anne “mantabbb…” gak keliatna juga koq mba kalo salah masukin telurnya..

    Reply
  • February 29, 2008 at 12:08 pm
    Permalink

    boooo….bikin kepiting mulu…bikin ngiler aja. Gue males masaknya tapi pengen makannya 😛

    Reply
  • March 7, 2008 at 1:13 am
    Permalink

    dita, iya masih ada stok kepiting dikulkas soale. Ga ribet juga kok say masak kepiting. Beneerrr…

    Reply
  • March 23, 2008 at 5:01 pm
    Permalink

    aku ga sabar makan kepiting abis bukanya lama. boleh deh nyincip ini kalo ditawarin 😀

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *