KBB #3 : Pizza

KBB #3 : Pizza



Duh penyakit lamaku ga ilang-ilang. Selaluuu mengerjakan ‘tugas’ dah deket deadline. Ikutan Klub Berani Baking berarti harus selalu siap dengan tantangan, mengerjakan ‘tugas’ baking sesuai tema. Tema kali ini pizza.

Tiap 2 bulan sekali, semua member diberi tugas yang sama. Kmudian baru boleh dipamerin di blog masing-masing di hari terakhir deadline.

Deadline untuk pizza ini ya tanggal 31 Januari 2008. Dan gue pun mengerjakannya tanggal 31 Januari 2008. Belanja bahan-bahan pizza tanggal 30 Januari 2008, malam hari. Hehehehe..

Teringat kembali masa-masa kuliah di Teknik Sipil Unpar, akibat selalu mengerjakan tugas mepet deadline, ujung-ujungnya yaa selalu begadang hingga pagi hari. Pagi harinya tergopoh-gopoh ke kampus nenteng kertas berisi gambar teknik. Sungguh terlalu..:-) T e r l a l u…

Aaahhh seru juga yah ikutan KBB. Serasa kuliah lagii..hehe..ada dosen galak berjenggot panjang juga disini kikikikik..peace ah Mba Arfi..:-)

Ini resep pizza dari KBB. Untuk topping, member dibebasin berkarya.

Tantangan KBB#3: Pizza
Source: The Perfect Cookbook. David Herbert. Viking. Victoria,Australia. 2003

Versi Bahasa Indonesia:

Untuk adonan dasar Pizza:

1 sachet (@ 7g = 1/4 oz = 2 sdt) ragi (Misalnya: Fermipan atau merek lainnya)
1 sdt gula pasir
2 ½ cups tepung protein tinggi (tepung cakra kembar) (kurang lebih 350 gr)
Garam secukupnya
2 sdm minyak zaitun

Cara mengolahnya:

Larutkan ragi dan gula di mangkuk kecil dengan 200ml air hangat. Aduk rata dan sisihkan selama 10 menit, atau hingga campuran raginya berbuih.

Campur tepung dan sejumput garam di mangkuk besar. Buatlah lubang di tengah2 campuran tepung dan masukkan ragi dan olive oil.

Campur hingga menjadi adonan.Taburi meja kerja dengan sedikit tepung, lalu uleni adonan selama 5-7 menit, atau hingga lembut dan elastic.

Tempatkan adonan di dalam mangkuk yang sudah diolesi dengan minyak, tutup dengan serbet lembab atau plastik dan biarkan di tempat yang hangat selama 1 – 1 ½ jam, atau hingga adonannya membengkak berlipat ganda.

Panaskan oven suhu 210C (415F, Gas Mark 6-7).

Tinju adonan untuk mengeluarkan gelembung udara. Bagi adonan menjadi 2-3 bagian yang sama dan gilas atau tekan-tekan seukuran 4-5mm (¼ inci). Pindahkan ke loyang pizza (kalau ada).

Tutup dengan pilihan topping kesukaan masing-masing dan panggang selama 15 menit. Lalu pindahkan pizza ke atas rak oven dan panggang lagi selama 3-4 menit, hingga lebih garing di bagian bawahnya.


Nah ini dia pizza hasil karyaku. Awalnya sih sok nyeleneh. Mo bikin pizza buah. Toppingnya ya pake buah. Strawberry, campur anggur, kiwi, dan jeruk mandarin. Tapi ga jadi dehhh..kembali ke selera asal ajah..Super Supreme..

Mnurut buku ‘Pizza dan Roti Panggang’ keluaran Periplus yang khusus gue beli menghadapi tantangan KBB ini, Super Supreme a la mereka adalah campuran paprika hijau, jamur kancing, mozzarella parut, ham, cabanossi, salami iris, nenas, dan buah zaitun.

Menyesuaikan dengan lidah gue, gue hanya pake paprika hijau, jamur kancing (ditumis sebentar dengan paprika), mozzarella, smoked beef, nenas, dan sosis sapi sajah. Ntah lah, apakah masih layak disebut Super Supreme ato bukan.


Lain kali kalo bikin lagi, mau ditambahin daging giling juga ahhh. Biar makin terasa dagingnya.
Jrengg jrennggg…jadi juga pizza-ku. Alhamdulillah. Baru pertama kali ini bikin pizza. Ternyata ga susah yaaa…dan mnurut tetangga yang kebagian, waahh ngalah-ngalahin Pizza Hut hehehehe. Bisa aja Tante Eva (bukan Maria Eva lohh..)..bilang aja biar dibikinin lagi :-)

Ahhh leganya..pe-er dah selesai. Penasaran dengan tantangan KBB berikutnya. Seruu..seruuu..:-)

18 thoughts on “KBB #3 : Pizza

  • January 31, 2008 at 12:53 pm
    Permalink

    hmm suka banged pizza apalagi yg sarat toppingnya hehe….
    itu mozarela dr Denmark ya…*kenal mereknya ARLA :)

    Reply
  • February 1, 2008 at 2:36 am
    Permalink

    cantik pizzamu Ne…
    gak usah kirim majalah, aku cuma bercanda 😀 kemahalan atuh kirim majalah satu kemari…

    Reply
  • February 1, 2008 at 2:37 am
    Permalink

    Keren gitu koq pizzanya.. Toppingnya rame dan bikin ngiler..

    Reply
  • February 1, 2008 at 2:37 am
    Permalink

    makasih dah mampir di multiply diriku, jeng. itu pizza menggiurkan sekali euy. salam KBB

    Reply
  • February 1, 2008 at 6:41 am
    Permalink

    cantik dan menggiurkan nih pizzanya…, cakep An….:)

    Reply
  • February 1, 2008 at 11:19 am
    Permalink

    waw..waw.. pizza kesukaanku… mau donk,mbak.. masih ada,g?

    Reply
  • February 2, 2008 at 12:32 am
    Permalink

    woowww… kerenn 😀
    pastinya enak banget tuh. Hebat! salut deh, proyek perdana langsung sukses.
    Btw, dulu di unpar teknik sipilnya angkatan berapa nih?
    (sori.. tadi nyoba nulis comment, tapi kyknya error. moga2 ngga dobel nih 😛 )

    Reply
  • February 4, 2008 at 4:15 am
    Permalink

    Wah, pizzanya “nendang” banget tu, nyam2… mama Anne bisa ajaaaa!

    Reply
  • February 4, 2008 at 9:12 am
    Permalink

    yummy!!! ne… akhirnya jadi ngga nyobain bikin kulit pizzanya pake braun?

    Reply
  • February 11, 2008 at 12:49 pm
    Permalink

    anne..salam kenal yaa..
    Pizza nya mantap euy..kaya yg biasa gue order pk telp..hihihi
    lain kali bisa telp kamu aja dong ya..

    Reply
  • February 13, 2008 at 10:43 am
    Permalink

    Nee… gw juga baru join KBB nih… hehehe, gara2 liat postingan elu ini. eniwey, makin gape aja nih photoshopnya. cool abiiiissss! ntar ajarin gw yak.

    Reply
  • March 7, 2008 at 1:10 am
    Permalink

    Maap man teman, jawabannya ku satuin yah..maklum deh, Jasmine dah bisa protes kl emaknya di depan compie kelamaan :-)

    a.q, iya kali dr Denmark..hehe dah dibuang sih kemasannya:-( Beli di Carreour..

    Mba Eliza, hehe sip Mba..:-)

    Mba Atiek, makasi Mba..

    Mba Mindoel, salam KBB..

    ezza’s, thanks yak..

    Mba Ema, makasi Mba..

    deetha, masih ada say, kemari yah..:-)

    Mba Sofie, masuk kuliah thn 93 Mba. Sipil juga? :-)

    Dwiana, yoi..

    Mas (i), hehe…

    KBB, cingkyuuu..

    Mba Ellen Baasje, yoih..

    Debby, ngga say, manual pake tangan..pgn cubak manual dulu, ternyata gempor jeh..

    Mamachris, hehe ditunggu telponnya hehe..

    Ine Sena, iya KBB makin seru ada elu..cihuy..thanks Ne..

    Mba Fenny, thanks. Beli di HSI, Panglima Polim. Seru banget belanja disana. Bagaikan factory outlet utk piring, gelas, dll. Mo ksana? Yuukkkkk..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *