Sop Buntut Goreng ala The Peak Resort Dining

Sop Buntut Goreng ala The Peak Resort Dining


Waaaahhhh gue lagi tergila-gila nih dengan tabloid Info Kuliner. Isinya sarat dengan resep-resep dari resto ato warung pinggir jalan yang dah terkenal kelezatannya. Sering banget gue surprise bgitu buka halaman demi halaman, tau-tau nemu resep dari resto/warung favorit gue.

Seperti resep Tata Ribs dari Rumah Makan Daeng Tata di Tebet, Kepiting Saus Padang dari Warung tenda Santiga Seafood di Ben-Hil Jakpus, Sate Padang a la Mak Syukur Padang Panjang, dan lain-lain, dan lain-lain, dan lain-lain. Banyak bangettttt.

Waaa baru kali ini gue begitu berhasrat untuk berlangganan tabloid. Hehehe. Sampe-sampe gue khusus datengin tuh penerbit tabloid ini di daerah Fatmawati, Jaksel untuk membeli semua edisinya yang telah terbit. Untung baru terbit sekitar 9 edisi hehehe, dengan harga per edisi Rp 9.800,-

Nah ini salah satu resep yang dah gue praktekin. Bukan masih euphoria, tapi sumpe uenake polll. Hubby ampe bela-belain pulang ke rumah demi nyicipin masakan istrinya yang satu ini. Untung kantornya sejengkal raksasa dari rumah. Kikikikik..kena racun promosi istrinya. Dan tentu saja tidak kecewa. Enyyaaaakkkk…:-)

Oo..ooo..ada tersangka utama di rumah. Ketika gue lagi asyik motret, seperti kjadian dulu, tangannya juga bergerilya, dan…tertangkap basah!!!


Ini dia sang tersangka utama!


Sop Buntut Goreng ala The Peak Resort Dining
Source : Tabloid Info Kuliner Edisi 08 (Januari 2008)

Bahan :
6 potong buntut sapi
5 cc minyak goreng
2 liter air

Bahan Isi Kuah :
30 gr wortel, potong dadu
30 gr kentang, potong dadu
30 gr tomat, potong dadu

Bumbu Kuah:
ΒΌ sdt garam
1 sdt penyedap rasa
Β½ sdt merica bubuk
1 siung bawang putih, memarkan
30 gr bawang bombay, potong dadu
3 buah cengkeh
2 cm jahe, memarkan

Bumbu Goreng :
1 siung bawang putih, cincang halus
3 sdm kecap manis
2 sendok makan oyster sauce
1 sendok makan kecap inggris
50 cc air kaldu sapi

Pelengkap:
10 lembar emping goreng
1 porsi sambal rawit hijau
3 sdm bawang goreng untuk taburan
1 sdm irisan daun bawang
1 sdm irisan daun seledri

Cara membuat :
1. Siapkan panci. Didihkan 1 ltr air, rebus buntut selama kurang lebih 25 menit. Angkat.
2. Siapkan panci. Rebus buntut, 1 ltr air, bumbu kuah dan sayuran. Rebus hingga sayuran dan daging empuk. Angkat buntut dan sisihkan kuahnya.
3. Siapkan wajan. Panaskan minyak. Tumis bawang putih hingga harum. Masukkan sisa bumbu goreng dan buntut. Aduk rata. Masak hingga kuah mengental dan bumbu meresap. Angkat.

26 thoughts on “Sop Buntut Goreng ala The Peak Resort Dining

  • January 30, 2008 at 5:42 am
    Permalink

    mbak boleh nyontek resep buntutnya. Suka buntut juga soalnya apapun stylenya. Hmm kebayang sedepnya sop buntutnya mbak Anne.. apalagi dingin-dingin gini πŸ˜€

    Aku kl ngerebus buntut tak presto mbak, ga sabar nunggu lamanya :)
    Btw salam kenal ya mbak

    Reply
  • January 30, 2008 at 7:18 am
    Permalink

    waduhh … mantaaappppp sop buntutnya .. makkk nyoss gitu lohh … delivery dunkk … :)

    Reply
  • January 30, 2008 at 10:48 am
    Permalink

    ih ih ih,
    udah bisa bikin sandwich foto color+BW!

    Reply
  • January 30, 2008 at 10:49 am
    Permalink

    *hormat kepada chef beneran*

    aku ampun kalo masak lauk, untung jalan margonda penuh dengan makanan enak, yihaa! :))

    Reply
  • January 31, 2008 at 5:41 am
    Permalink

    Ayin, yoi sama, aku juga dipresto, ga sabar sih. Kl mau lebih sabar bakal dapetin sop buntut yg lebih ngeresep padahal. Hehehe..salam kenal juga ya say..:-)

    Reply
  • January 31, 2008 at 6:11 am
    Permalink

    Febrie, hehehe anyway aku dah mampir ke barangbaru.com..wah tersepona euy..mau beli ah kapan2, nti aku mampir lg yaaa..thx Feb..

    Reply
  • January 31, 2008 at 6:16 am
    Permalink

    chefwannabe, aiiiiiiihhhh malu akuuuuuuu..aku msh pemula sayang..jauh lah..dirimu tuh yg dah canggih pisan. Salut aku euy..gimana tuh ya manajemen waktu-nya? Dgn sederet title dirimu..hebat pisannn..

    Reply
  • February 1, 2008 at 2:37 am
    Permalink

    An, kalo gue kok musti lama banget ya ngerebus buntutnya? udah pake panci presto pula (+/- 1 jam). kalo ngga, masih kenyel soalnya. mau tanya, saus inggris = worchestire sauce ?

    Reply
  • February 4, 2008 at 2:00 pm
    Permalink

    Lisa, iya sama say, saus inggris = worchestire sauce. Lama yah? Hmm beda sih yah buntut di Perancis hehehee bcanda bu..

    Reply
  • February 6, 2008 at 4:50 am
    Permalink

    Ann… gara-gara review kamu jadi nyidam tabloid itu jg tuh heheh… beredar di seluruh jawa gak ?

    enak banget tuh buntutnya…waks sopnya xixixi

    Reply
  • February 8, 2008 at 5:48 am
    Permalink

    duh neee..kayaknya enak banget. resepnya the Peak lagi ya..kudu dicoba nih kayaknya. btw di info kuliner itu isinya resep semua kayak Lezat gitu ato resepnya cuma dikit banyakan review-nya?

    Reply
  • February 12, 2008 at 4:30 am
    Permalink

    Ck..ck..Anne, anne..
    selalu bikin org ngecez. (jadi aja kemaren blanja buntut, dan masih belum menjelma ky d peak)

    btw, tabloidnya ada websitenya gk neu.. mao dongg.. (majalah aslinya jg..xixi)

    Reply
  • May 5, 2008 at 8:29 am
    Permalink

    halo salam kenal
    boleh ya aku contek resepnya, cuma aku bikinnya pake iga sapi sih πŸ˜€

    terimakasih banyak

    Reply
  • May 6, 2008 at 1:58 pm
    Permalink

    anne… gile tu penerbit masih jual dgn harga penuh ya? padahal kalo udah masuk toko loak, harganya jadi per kilo heheh btw, mereka dapet resepnya dari mana aja? apa dapur uji cobanya tokcer punya ya? kagum gitu….

    Reply
  • May 6, 2008 at 2:41 pm
    Permalink

    Mba Rita, iya ga salah kok..tabloidnya sarat resep bagus Mba. Terutama tuh resep warung2 pinggir jalan. Lidahku cucok bener dgn warung pinggir jalan hehehe..

    Reply
  • May 6, 2008 at 2:44 pm
    Permalink

    debby, Info Kuliner itu suka ngereview warung2/resto, trus diujung artikel ada resep andalan n perkiraan income dr warung/resto ybs. Trus tiap terbitan ada tema2 khusus, misal Seafood enak sepanjang Pantura, model2 gitu deh..gue cinta deh ama tabloid ini.

    Reply
  • May 6, 2008 at 2:46 pm
    Permalink

    bundananet, aku blm nemu (blm gugling juga siy hehe)..tp kayaknya blm ada website na. Tp kl ternyata ada, mohon dikabari ya bun hehehe malah kasi pe-er haha ga sopan yak..

    Reply
  • May 6, 2008 at 2:50 pm
    Permalink

    Mba Regina, iya tuh, katanya sih krn tabloidnya juga msh baru. Hehehe. Kyknya resepnya dpt dr warung ybs deh…:-)

    Reply
  • November 2, 2008 at 2:28 pm
    Permalink

    Mbak Anne ijin nyontek resepnya ya…dah kucoba…enak bgt emang;)
    Makasih ya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *