Sate Ayam Rica dan Sambal Dabu-dabu a la Stephanus Hamy

Sate Ayam Rica dan Sambal Dabu-dabu a la Stephanus Hamy

Sate ayam ternyata banyak banget ya variasinya. Ini salah satunya. Lumayan lah untuk variasi…Cabe, jahe, daun jeruk dan daun kemangi membuat sate ayam ini wangi dan ‘segar’.

Gue sertakan juga resep sambal dabu-dabu. Untuk tumis daun pepaya, karena kurang doyan, jadi ga gue bikin, dan ga gue sertakan disini resepnya.Gampang kan nyari di Google? Pasti ada dehh..:-)


Sate Ayam Rica

Source : Stephanus Hamy (Majalah Santap edisi ekslusif 2006)

“Jika ingin aroma daging ayam lebih wangi dan gurih, sebaiknya rebus bersama daun jeruk dan serai”, saran Hamy.

Bahan :
2 potong ayam (400 g) dada ayam tanpa tulang
Tusukan sate

Bumbu rica
4 sdm minyak goreng untuk menumis
8 butir bawang merah, cincang halus
5 siung bawang putih, cincang halus
3 cm jahe, cincang halus
5 buah cabe merah, ulek kasar
3 tangkai serai, ambil bagian putihnya, memarkan
3 cm lengkuas, memarkan
6 lembar daun jeruk, iris halus
4 lembar daun pandan, iris halus
30 lembar daun kemangi, iris halus
1 sdt garam atau sesuai selera

Rebus daging ayam sampai matang. Angkat, potong ukuran 2x2x1 cm. Sisihkan.

Bumbu rica : panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, jahe dan cabe merah sampai wangi. Masukkan serai, lengkuas, daun jeruk, daun kemangi, dan garam. Aduk rata, angkat.

Campur daging ayam bersama bumbu rica. Simpan dalam lemari es sedikitnya 2 jam atau semalaman agar bumbu makin meresap.
Tusuk daging ayam berbumbu dengan tusukan sate. Bakar diatas bara api sambil sesekali olesi bumbu rica yang sudah ditambahi minyak goreng.
Angkat dan sajikan bersama tumis daun pepaya dan sambal dabu-dabu.


Sambal Dabu-dabu
Source : Stephanus Hamy (Majalah Santap Edisi Ekslusif 2006)

4 buah cabe rawit merah, potong kasar
4 buah cabe rawit hijau, potong kasar
2 buah tomat merah, potong dadu kecil
5 butir bawang merah, iris kasar
2 sdm air jeruk nipis
¼ sdt garam1 sdm bakasang*, jika suka

Campur cabe rawit merah, cabe rawit hijau, tomat, bawang merah, air jeruk nipis, dan garam.Aduk rata, sajikan.

*Bakasang adalah bumbu khas dapur Menado yang berfungsi sebagai penambah rasa dan aroma pada masakan. Berbentuk cairan, terbuat dari isi perut ikan yang difermentasi.

8 thoughts on “Sate Ayam Rica dan Sambal Dabu-dabu a la Stephanus Hamy

  • October 31, 2007 at 4:18 am
    Permalink

    Ne, sedap………..itu sambel dabu2 bikin air liur ku menetes loh. Love spicy!

    Reply
  • October 31, 2007 at 4:18 am
    Permalink

    aduhhh mbak Anne masihh subu ini,ngilerrrr ***sambil bawa sepiring nasi panas***

    Reply
  • October 31, 2007 at 1:54 pm
    Permalink

    wah enak banget nih….,jadi pengen buru2 balik ke indo deh….disini roti lagi roti lagi…anyeeeeeppppp…hehehehehe

    Reply
  • November 2, 2007 at 5:00 am
    Permalink

    eh, aku punya nih majalahnya, tapi gak pernah bikin satenya, gak ada daun kemangi kayak di indonesia…

    Reply
  • November 3, 2007 at 3:45 pm
    Permalink

    wah mantaff nih sate pakek kemangi… dabu-dabunya juga, jadi kangen masakan rumah nih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *