Angsioe Kaki Ayam

Angsioe Kaki Ayam

Salah satu kegemaranku. Padahal baru aja kenal dengan makanan ini. Yah skitar 2 tahun yang lalu deh. Kalo beli ini di resto ato cafe, hmm harganya lumayan mahal. Sementara kalo bikin sendiri, dengan biaya yang sama dah bisa bikin 4 kali lipatnya (bahkan lebih) hehehe.

Tip-nya (dari Ibu Meli NCC-er) : setelah digoreng rendam kaki ayam dalam air es, diamkan selama lk. 1 jam maka akan didapat kaki ayam yg gemuk dan berdaging.

Duhh kalo bikin ini, kabar-kabari yaaa..biar gue samperin hehehe 😉

Angsioe Kaki Ayam
Source : Kursus Dim sum di NCC

Bahan :
1 Kg kaki ayam, goreng hingga kering, sisihkan.

Bumbu A :
5 btr bawang putih, memarkan
4 bh bunga pekak/bunga lawang
1 sdm saos tiram
2 sdm kecap asin
2 sdm kecap mushroom
2 sdm ang cioe (bisa diganti dengan cuka apel)
3 sdm gula pasir
1 sdm garam
½ sdt vetsin
½ sdt lada
1,5 lt air
angkak merah secukupnya.

Bumbu B :
1 sdm bawang putih cincang
2 bh cabe merah besar , iris kasar
3 sdm tausi (salted black bean)
2 sdm minyak wijen
2 sdm tepung sagu, cairkan untuk pengental.

Cara membuat:
A.
– panaskan sedikit minyak, lalu tumis bawang putih sampai harum.
– Tuang ang cioe, lalu beri air secukupnya dan masukkan semua sisa bumbu A, aduk rata dan biarkan mendidih.
– Masukkan kaki ayam goreng dan masak hingga empuk dan airnya menyusut. (boleh menggunakan presto untuk menghemat waktu).

B.
– tumis bawang putih cincang sampai harum, lalu masukkan tausi dan cabe merah, aduk rata.
– tuang kaki ayam yg sudah empuk tadi, lalu tuang air sagu, aduk rata.
– beri minyak wijen, aduk, angkat.

4 thoughts on “Angsioe Kaki Ayam

  • July 22, 2007 at 10:31 am
    Permalink

    Mbak Anne kayaknya enyak yah angsioe kaki ayamnya, dicontek ya mbak resepnya, thx mbak, lam kenal dari novy.

    Reply
  • July 24, 2007 at 8:45 am
    Permalink

    Lam kenal ya Novy. Iya, angsioe-nya enak loh. Aku doyan deh. Silakan dicontek, itu juga hasil nyontek kok;-)

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *